DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
075/AJ-TELU/III/PADM.3/2023 0 2025-01-09
Direktorat/Fakultas Pemasaran Dan Admisi
Bagian/Prodi Riset Dan Pemasaran Digital
Urusan
Jabatan Kepala Bagian
Kelompok Bidang 1. Marketing And Communication
Atasan Langsung 1. Direktur Pemasaran Dan Admisi.
Bawahan Langsung 1. Kepala Urusan Riset Pemasaran.
2. Kepala Urusan Pemasaran Digital.
Ikhtisar Jabatan Mengoordinasikan Dan Mengelola Program Kerja Riset Pemasaran Dan Pemasaran Digital Dalam Proses Penerimaan Mahasiswa Baru.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam melakukan implementasi program kerja proses pemasaran digital sehingga dapat menunjang kegiatan penerimaan mahasiswa baru di Universitas Telkom.
2. Bertanggung jawab dalam melakukan implementasi program kerja kegiatan riset pemasaran sehingga dapat menunjang kegiatan penerimaan mahasisiwa baru di Universitas Telkom.
Uraian Tugas
1. Mengkoordinir dan mengelola program kerja proses pemasaran digital, dan kerja sama pemasaran digital pada proses penerimaan mahasiswa baru;
2. Mengkoordinir dan mengelola program kerja kegiatan riset pemasaran dan kerja sama riset pemasaran pada proses penerimaan mahasiswa baru; dan
3. Membuat laporan kegiatan dan performansi secara berkala kepada Direktur Pemasaran dan Admisi.
Wewenang
1. Berwenang merancang, mengkoordinasikan, dan mengelola seluruh kegiatan pemasaran digital yang berkaitan dengan proses penerimaan mahasiswa baru.
2. Berwenang untuk menetapkan strategi dan pendekatan pemasaran digital yang akan digunakan dalam rangka memperkenalkan dan mempromosikan program penerimaan mahasiswa baru.
3. Berwenang untuk menjalin dan mengelola kerja sama dengan mitra eksternal untuk mendukung kegiatan pemasaran digital yang terintegrasi dalam proses penerimaan mahasiswa baru.
4. Berwenang melakukan analisis dan evaluasi hasil Riset Pemasaran.
5. Berwenang menyampaikan laporan secara berkala mengenai kegiatan pemasaran digital, riset pemasaran, dan hasil evaluasi yang telah dilakukan serta menyampaikannya kepada Direktur Pemasaran dan Admisi.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Direktur Pemasaran Dan Admisi
1 . Menyampaikan Laporan Berkala Dan Memberikan Rekomendasi Berbasis Data.
2 . Memastikan Pelaksanaan Kampanye Pemasaran Digital Berjalan Efektif Dan Konsisten.
3 . Terkait Sistem Teknologi Yang Digunakan.
4 . Terkait Anggaran Untuk Kegiatan Pemasaran.
2 . Bagian Admisi
1 . Menyampaikan Laporan Berkala Dan Memberikan Rekomendasi Berbasis Data.
2 . Memastikan Pelaksanaan Kampanye Pemasaran Digital Berjalan Efektif Dan Konsisten.
3 . Terkait Sistem Teknologi Yang Digunakan.
4 . Terkait Anggaran Untuk Kegiatan Pemasaran.
3 . Direktorat Pusat Teknologi Informasi
1 . Menyampaikan Laporan Berkala Dan Memberikan Rekomendasi Berbasis Data.
2 . Memastikan Pelaksanaan Kampanye Pemasaran Digital Berjalan Efektif Dan Konsisten.
3 . Terkait Sistem Teknologi Yang Digunakan.
4 . Terkait Anggaran Untuk Kegiatan Pemasaran.
4 . Direktorat Keuangan
1 . Menyampaikan Laporan Berkala Dan Memberikan Rekomendasi Berbasis Data.
2 . Memastikan Pelaksanaan Kampanye Pemasaran Digital Berjalan Efektif Dan Konsisten.
3 . Terkait Sistem Teknologi Yang Digunakan.
4 . Terkait Anggaran Untuk Kegiatan Pemasaran.
Eksternal Dalam Hal
1 . Sekolah Dan Lembaga Pendidikan
1 . Memperluas Jaringan Untuk Menarik Calon Mahasiswa.
2 . Kolaborasi Terkait Publikasi Dan Pemberitaan Program Penerimaan Mahasiswa Baru.
2 . Media Dan Publikasi
1 . Memperluas Jaringan Untuk Menarik Calon Mahasiswa.
2 . Kolaborasi Terkait Publikasi Dan Pemberitaan Program Penerimaan Mahasiswa Baru.
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Tantangan dalam mengelola pemasaran digital yang efektif.
2. Menjaga kualitas dan akurasi riset pemasaran.
3. Perubahan tren dan teknologi pemasaran digital.
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Content Management5Mampu merancang model implementation konsep Content Management, baik itu modifikasi prosedur ataupun merancang baru terkait Content Management.
2Integrated Marketing Communication5Mampu merancang communication/promotion plan terpadu berskala nasional untuk multi brand lengkap dengan pengembangan media plannya melalui konsep IMC dan mampu mengeksekusi untuk mencapai objektif komunikasi yang sesuai dengan business strategy perusahaan melalui pengelolaan sumber daya internal dan eksternal.
3Personalization4Mampu mengimplementasikan konsep Personalization walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi Personalization.
4Market Research5Mampu menyempurnakan metode research existing serta merencanakan dan merekomendasikan sistem yang baru
5Market Planning5Mampu mengevaluasi dan mengembangkan marketing plan existing untuk secara continue memberikan value bagi perusahaan.
6Marketing Community planning5Mampu memodifikasi marketing community planning dalam rangka peningkatan kinerja pemasaran (get, keep, grow).
STRUKTUR ORGANISASI