DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
060/AJ-TELU/I/AKD.3/2023 0
Direktorat/Fakultas Akademik
Bagian/Prodi Open Library
Urusan
Jabatan Kepala Bagian
Kelompok Bidang 1. Academic Administration
2. Library
Atasan Langsung 1. Direktur Akademik.
Bawahan Langsung 1. Kepala Urusan Pengembangan Sumber Daya Keilmuan Dan Pustaka.
2. Kepala Urusan Administrasi Layanan Pustaka.
3. Kepala Urusan Pengembangan Sistem Layanan Pustaka Dan Database.
Ikhtisar Jabatan Mengoordinasikan Dan Mengelola Rencana Implementasi, Monitoring, Evaluasi Program Kerja Sumber Daya Keilmuan Dan Perpustakaan Serta Layanan Pustaka.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam mengoordinasikan dan mengelola rencana implementasi, monitoring, evaluasi sumber daya keilmuan dan perpustakaan serta layanan pustaka sehingga dapat menjadi wadah ilmu bagi mahasiswa di Universitas Telkom.
Uraian Tugas
1. Mengkoordinasikan dan mengelola rencana implementasi, monitoring, dan evaluasi program kerja Open Library;
2. Mengkoordinasikan, mengevaluasi, dan menyediakan jenis sumber daya keilmuan dan kebutuhan bahan pustaka;
3. Mengelola program-program kerja sama pengembangan sumber daya keilmuan dan perpustakaan dengan Program Studi, unit terkait lainnya, dan pihak eksternal;
4. Mengelola pengembangan digitalisasi layanan pustaka, database dan digitisasi sumber daya keilmuan dan perpustakaan;
5. Mengelola kebijakan administrasi dan pelayanan pustaka; dan
6. Membuat laporan kegiatan dan performansi secara berkala kepada Direktur Akademik.
Wewenang
1. Berwenang menetapkan kebijakan dan pedoman teknis dalam implementasi, monitoring, dan evaluasi program kerja open library.
2. Berwenang dalam mengambil keputusan terkait pemilihan pengadaan sumber daya keilmuan dan bahan pustaka yang diperlukan oleh pengguna perpustakaan.
3. Berwenang dalam mengkoordinasikan dan mengelola kerja sama pengembangan sumber daya keilmuan dengan pihak-pihak terkait.
4. Berwenang dalam merancang dan mengelola pengembangan sistem database dan digitalisasi sumber daya pustaka di perpustakaan.
5. Berwenang menilai, mengevaluasi, dan menyampaikan laporan dan program kegiatan open library kepada Direktur Akademik.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Civitas Akademika Tel-U
1 . Kegiatan Administrasi Dan Layanan, Pengelolaan Database Dan Pengembangan Pustaka, Penentuan Strategi, Target, Dan Evaluasi Pelaksanaan Kegatan Perpustakaan, Perencanaan, Pengelolaan Dan Pemeliharaan Sumber Daya Bagian.
2 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
2 . Bagian Legal
1 . Kegiatan Administrasi Dan Layanan, Pengelolaan Database Dan Pengembangan Pustaka, Penentuan Strategi, Target, Dan Evaluasi Pelaksanaan Kegatan Perpustakaan, Perencanaan, Pengelolaan Dan Pemeliharaan Sumber Daya Bagian.
2 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
Eksternal Dalam Hal
1 . Distributor/Rekanan
1 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
2 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
3 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
4 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
5 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
6 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
7 . Penentuan Strategi, Target Dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Perpustakaan.
2 . Perguruan Tinggi Se Indonesia
1 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
2 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
3 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
4 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
5 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
6 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
7 . Penentuan Strategi, Target Dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Perpustakaan.
3 . Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia
1 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
2 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
3 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
4 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
5 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
6 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
7 . Penentuan Strategi, Target Dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Perpustakaan.
4 . Sekolah, Yayasan Dan Komunitas
1 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
2 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
3 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
4 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
5 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
6 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
7 . Penentuan Strategi, Target Dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Perpustakaan.
5 . Industri
1 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
2 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
3 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
4 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
5 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
6 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
7 . Penentuan Strategi, Target Dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Perpustakaan.
6 . Pemerintahan
1 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
2 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
3 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
4 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
5 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
6 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
7 . Penentuan Strategi, Target Dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Perpustakaan.
7 . Pengunjung Eksternal
1 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
2 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
3 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
4 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
5 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
6 . Kegiatan Kerja Sama Dengan Pihak Lain Untuk Pengembangan Pustaka Dan Layanan Perpustakaan.
7 . Penentuan Strategi, Target Dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan Perpustakaan.
Masalah dan Tantangan Kerja
Indikator Keberhasilan 1. Ketidaktersediaan bahan pustaka.
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Service Catalogue Management5Mampu mengembangkan konsep pengelolaan dokumen atau database informasi (yang digunakan untuk mendukung penjualan dan pelaksanaan layanan pengiriman ke pelanggan) dari semua lini pelayanan perusahaan. Katalog layanan berisi informasi tentang deliverables, harga, titik kontak, dan proses ordering dan request.
2Service Design5Mampu mengembangkan konsep perencanan orang, infrastruktur, komunikasi dan komponen material layanan, dalam rangka meningkatkan kualitas, interaksi antara service provider dan pelanggan, serta customer experience.
3Service Development5Mampu memodifikasi, merencanakan, dan mengevaluasi dari rangkaian kegiatan sesuai standar yang telah disepakati.
4Knowledge Management5Mampu mengevaluasi mengembangkan sistem knowledge management yang sejalan dengan perkembangan atau perubahan bisnis perusahaan, termasuk dalam hal perencanaan, pengoperasian, pengelolaan semua modal pengetahuan atau intelektual untuk meningkatkan kemampuan individu dan perusahaan.
5Library Administration5Mampu mengevaluasi dan membuat rancangan/metode penempatan koleksi bahan pustaka yang baru sehingga lebih efisien dan memudahkan dalam proses pencarian atau penelusurannya.
6Regulation, Standardization (Accreditation Management)5Mampu mengevaluasi dan mencari alternatif sistem Regulation, Standardization (Accreditation Management) terkait perencanaan lembaga pendidikan yang terkait untuk pemenuhan standar akreditasi yang telah ditetapkan.
STRUKTUR ORGANISASI