DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
052/AJ-TELU/0/SPS.3/2023 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Sekretariat Dan Perencanaan Strategis | ||
Bagian/Prodi | Public Relation Dan Analytics | ||
Urusan | |||
Jabatan | Kepala Bagian | ||
Kelompok Bidang | 1. Business Planning And Operations 2. Marketing And Communication |
||
Atasan Langsung |
1. Direktur Sekretariat Dan Perencanaan Strategis. |
||
Bawahan Langsung |
1. Kepala Urusan Hubungan Masyarakat (Public Relation). 2. Kepala Urusan Data Analytics. 3. Kepala Urusan External Relationship. |
||
Ikhtisar Jabatan | Mengelola Perencanaan Penguatan Citra Lembaga Dan Komunikasi Institusional Serta Melakukan Penerapan Data Analytics. | ||
Tujuan dan Tanggung Jawab |
1. Bertanggung jawab dalam melaksanakan perencanaan program penguatan citra lembaga dan komunikasi institusional sehingga menciptakan citra positif di lingkungan Universitas Telkom. 2. Bertanggung jawab dalam melakukan penerapan data analytics sehingga dapat memahami dan mengelola isu eksternal di Universitas Telkom. |
||
Uraian Tugas |
1. Mengoordinasikan perencanaan, persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi program kerja di Bagian terkait; 2. Mengelola perencanaan dan pelaksanaan program penguatan citra lembaga dan komunikasi institusional pada lingkup internal maupun eksternal universitas (DIKTI, L2DIKTI, masyarakat, dan institusi lain yang terkait); 3. Mengelola dan mempersiapkan digital platform dalam rangka membangun serta memelihara citra positif Yayasan baik internal dan eksternal; 4. Menerapkan data analytics dalam memahami dan mengelola isu eksternal; dan 5. Membuat laporan kegiatan dan performansi secara berkala kepada Direktur Sekretariat dan Perencanaan Strategis. |
||
Wewenang |
1. Berwenang dalam menyusun strategi komunikasi, menetapkan tujuan, serta memutuskan kegiatan dan sumber daya yang dibutuhkan terkait program kerja Public Relation dan Analytics. 2. Berwenang dalam mengkoordinasikan tim dalam pelaksanaan program kerja. 3. Berwenang dalam mengelola dan memperkuat citra institusi melalui berbagai program komunikasi dan penguatan hubungan lembaga. 4. Berwenang dalam memutuskan dan mengelola konten yang akan dipublikasikan, pengelolaan media sosial dan inisiatif digital lainnya. 5. Berwenang dalam memanfaatkan data analytics dalam memantau dan menganalisis isu-isu eksternal yang mempengaruhi citra lembaga. |
||
Hubungan Kerja | Internal | Dalam Hal | |
Eksternal | Dalam Hal | ||
Masalah dan Tantangan Kerja | |||
Indikator Keberhasilan | |||
No | Sub-Sub Kompetensi | Proficiency Level (PL) | Key Indicator |
1 | Industry Market Analysis | 4 | Mampu menganalisis konsep industry and market analysis. |
2 | 360 Customer Analytics | 5 | Mampu merancang model implementasi konsep 360 customer analytics, baik itu modifikasi prosedur ataupun merancang prosedur baru terkait 360 Customer Analytics. |
3 | Communication Channel Management | 5 | Mampu mempengaruhi serta mengendalikan issue pada setiap channel komunikasi yang dianggap membahayakan kepentingan perusahaan. |
4 | Media Relations | 5 | Mampu mempengaruhi media untuk menciptakan opini publik yang favorable bagi perusahaan dalam meningkatkan reputasi perusahaan serta produk yang dihasilkan. |
5 | Social Media Management | 5 | Mampu merencanakan, menyusun pesan komunikasi dan memodifikasinya sehingga dapat digunakan pada media sosial yang tepat. |
Spesifikasi Jabatan | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
