DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
044/AJ-TELU/XI/FIT.2/2023 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Fakultas Ilmu Terapan | ||
Bagian/Prodi | |||
Urusan | |||
Jabatan | Wakil Dekan Bidang Akademik dan Dukungan Penelitian | ||
Kelompok Bidang | 1. Academic Administration 2. Education |
||
Atasan Langsung |
1. Dekan Fakultas Ilmu Terapan. |
||
Bawahan Langsung |
1. Kepala Urusan Akademik. 2. Kepala Urusan Laboratorium/Bengkel/Studio. |
||
Ikhtisar Jabatan | Membantu Perencanaan Kebijakan Dan Evaluasi Akademik Yang Berkaitan Dengan Kegiatan Pendidikan Dan Pengajaran, Support Penelitian Di Tingkat Fakultas, Dan Administrasi Akademik, Serta Mengelola Program Tridharma Pendidikan Dan Potensi Entrepreneurship Dari Civitas Fakultas. | ||
Tujuan dan Tanggung Jawab |
1. Bertanggung jawab dalam perencanaan kebijakan dan evaluasi akademik yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan dan pengajaran, support penelitian, serta administrasi akademik pada tingkat fakultas. |
||
Uraian Tugas |
1. Membantu perencanaan dan pelaksanaan kebijakan akademik yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan dan pengajaran, support penelitian di tingkat fakultas, serta administrasi akademik, berkoordinasi dengan pihak internal (Direktorat Akademik, Program Studi, Pusat Riset, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dan unit terkait); 2. Membantu monitoring dan evaluasi kebijakan akademik yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan dan pengajaran, support penelitian di tingkat fakultas, serta administrasi akademik, berkoordinasi dengan pihak internal (Direktorat Akademik, Program Studi, Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, dan unit terkait); 3. Mengelola program-program internasionalisasi tridahrma pendidikan; dan 4. Mengelola program-program pengembangan potensi entrepreneurship dari civitas academica fakultas. |
||
Wewenang |
1. Berwenang merancang, mengkoordinasikan, dan memastikan pelaksanaan kebijakan akademik terkait pendidikan, pengajaran, dan dukungan penelitian di tingkat fakultas. 2. Memiliki otoritas dalam mengawasi dan mengevaluasi kebijakan akademik serta administrasi pendidikan guna memastikan efektivitas program akademik dan penelitian. 3. Bertanggung jawab dalam merancang, mengembangkan, dan mengoordinasikan program internasionalisasi terkait tridharma perguruan tinggi di fakultas. 4. Berwenang dalam berkolaborasi dengan berbagai unit akademik, pusat penelitian, dan mitra eksternal guna meningkatkan mutu pendidikan dan penelitian di fakultas. 5. Memiliki otoritas dalam merancang dan mengelola program pengembangan potensi entrepreneurship bagi civitas academica, guna mendukung inovasi dan daya saing lulusan. |
||
Hubungan Kerja | Internal | Dalam Hal | |
1 . Direktorat Akademik | 1 . Untuk Mendukung Dan Menjamin Pelaksanaan Layanan Akademik Dan Pelaporannya Berjalan Dengan Lancar Dan Tepat Waktu. Pelayanan Akademik Mencakup Pelaksanaan TA/PA, Sertifikasi Mahasiswa, Penanganan Keluhan Mahasiswa, Perwalian, Penerbitan SKL, Sidang Akademik, Dan Ujian 2 . Untuk Menjamin Dan Mendukung Pelaksanaan Kelas Blended, Pengelolaan S2 Dan Pelaksanaan Kelas Internasional 3 . Ntuk Mendukung Proses Pelaksanaan Akreditasi Nasional Maupun Internasional Serta Impelementasi ISO 4 . Untuk Menentukan Kebijakan Akademik | ||
2 . Direktorat Pasca Sarjana And Advanced Learning | 1 . Untuk Mendukung Dan Menjamin Pelaksanaan Layanan Akademik Dan Pelaporannya Berjalan Dengan Lancar Dan Tepat Waktu. Pelayanan Akademik Mencakup Pelaksanaan TA/PA, Sertifikasi Mahasiswa, Penanganan Keluhan Mahasiswa, Perwalian, Penerbitan SKL, Sidang Akademik, Dan Ujian 2 . Untuk Menjamin Dan Mendukung Pelaksanaan Kelas Blended, Pengelolaan S2 Dan Pelaksanaan Kelas Internasional 3 . Ntuk Mendukung Proses Pelaksanaan Akreditasi Nasional Maupun Internasional Serta Impelementasi ISO 4 . Untuk Menentukan Kebijakan Akademik | ||
3 . Bagian Satuan Penjaminan Mutu | 1 . Untuk Mendukung Dan Menjamin Pelaksanaan Layanan Akademik Dan Pelaporannya Berjalan Dengan Lancar Dan Tepat Waktu. Pelayanan Akademik Mencakup Pelaksanaan TA/PA, Sertifikasi Mahasiswa, Penanganan Keluhan Mahasiswa, Perwalian, Penerbitan SKL, Sidang Akademik, Dan Ujian 2 . Untuk Menjamin Dan Mendukung Pelaksanaan Kelas Blended, Pengelolaan S2 Dan Pelaksanaan Kelas Internasional 3 . Ntuk Mendukung Proses Pelaksanaan Akreditasi Nasional Maupun Internasional Serta Impelementasi ISO 4 . Untuk Menentukan Kebijakan Akademik | ||
4 . Wakil Rektor 1 | 1 . Untuk Mendukung Dan Menjamin Pelaksanaan Layanan Akademik Dan Pelaporannya Berjalan Dengan Lancar Dan Tepat Waktu. Pelayanan Akademik Mencakup Pelaksanaan TA/PA, Sertifikasi Mahasiswa, Penanganan Keluhan Mahasiswa, Perwalian, Penerbitan SKL, Sidang Akademik, Dan Ujian 2 . Untuk Menjamin Dan Mendukung Pelaksanaan Kelas Blended, Pengelolaan S2 Dan Pelaksanaan Kelas Internasional 3 . Ntuk Mendukung Proses Pelaksanaan Akreditasi Nasional Maupun Internasional Serta Impelementasi ISO 4 . Untuk Menentukan Kebijakan Akademik | ||
Eksternal | Dalam Hal | ||
1 . BAN PT | 1 . Untuk Mendukung Proses Kepengurusan Akreditasi Level Nasional 2 . Untuk Mendukung Proses Kepengurusan Akreditasi Level Internasional 3 . Untuk Menjamin Dan Mengoptimalkan Pelayanan Akademik Selama Menjadi Mahasiswa 4 . Untuk Mendukung Dan Mengoptimalkan Peningkatan Kualitas Akademik Di Fakultas Melalui Pelaksanaan Kerjasama 5 . Untuk Mendukung Pelaksanaan Sertifikasi Mahasiswa | ||
2 . Badan Akareditasi Internasional | 1 . Untuk Mendukung Proses Kepengurusan Akreditasi Level Nasional 2 . Untuk Mendukung Proses Kepengurusan Akreditasi Level Internasional 3 . Untuk Menjamin Dan Mengoptimalkan Pelayanan Akademik Selama Menjadi Mahasiswa 4 . Untuk Mendukung Dan Mengoptimalkan Peningkatan Kualitas Akademik Di Fakultas Melalui Pelaksanaan Kerjasama 5 . Untuk Mendukung Pelaksanaan Sertifikasi Mahasiswa | ||
3 . Mahasiswa | 1 . Untuk Mendukung Proses Kepengurusan Akreditasi Level Nasional 2 . Untuk Mendukung Proses Kepengurusan Akreditasi Level Internasional 3 . Untuk Menjamin Dan Mengoptimalkan Pelayanan Akademik Selama Menjadi Mahasiswa 4 . Untuk Mendukung Dan Mengoptimalkan Peningkatan Kualitas Akademik Di Fakultas Melalui Pelaksanaan Kerjasama 5 . Untuk Mendukung Pelaksanaan Sertifikasi Mahasiswa | ||
4 . Industri | 1 . Untuk Mendukung Proses Kepengurusan Akreditasi Level Nasional 2 . Untuk Mendukung Proses Kepengurusan Akreditasi Level Internasional 3 . Untuk Menjamin Dan Mengoptimalkan Pelayanan Akademik Selama Menjadi Mahasiswa 4 . Untuk Mendukung Dan Mengoptimalkan Peningkatan Kualitas Akademik Di Fakultas Melalui Pelaksanaan Kerjasama 5 . Untuk Mendukung Pelaksanaan Sertifikasi Mahasiswa | ||
5 . Lembaga Sertifikasi Nasional Maupun Internasional | 1 . Untuk Mendukung Proses Kepengurusan Akreditasi Level Nasional 2 . Untuk Mendukung Proses Kepengurusan Akreditasi Level Internasional 3 . Untuk Menjamin Dan Mengoptimalkan Pelayanan Akademik Selama Menjadi Mahasiswa 4 . Untuk Mendukung Dan Mengoptimalkan Peningkatan Kualitas Akademik Di Fakultas Melalui Pelaksanaan Kerjasama 5 . Untuk Mendukung Pelaksanaan Sertifikasi Mahasiswa | ||
Masalah dan Tantangan Kerja |
1. Informasi yang disajikan di borang tidak secara menyeluruh dan seringkali informasi yang disampaikan tidak didukung oleh data 2. Pelatihan dan sertifikasi yang diikuti mahasiswa tidak menambah value bagi mahasiswa setelah lulus 3. Kesesuaian pelaksanaan Desk Evaluation dan Sidang Tugas Akhir dengan jadwal yang telah ditentukan 4. Memperoleh kualitas dan kuantitas asisten praktikum yang sesuai kebutuhan dengan cepat |
||
Indikator Keberhasilan | |||
No | Sub-Sub Kompetensi | Proficiency Level (PL) | Key Indicator |
1 | Regulation, Standardization (Accreditation Management) | 5 | Mampu mengevaluasi dan mencari alternatif sistem Regulation, Standardization (Accreditation) Management terkait perencanaan lembaga pendidikan yang terkait untuk pemenuhan standar akreditasi yang telah ditetapkan. |
2 | Syllabus Development | 5 | Mampu mengevaluasi dan mencari alternatif sistem Syllabus Development terkait penyusunan dan pengembangan rencana pembelajaran pada satu atau kelompok matapelajaran/tema tertentu yang mencakup perumusan standar kompetensi dan kompetensi dasar, penentuan materi pokok pembelajaran, pemilihan strategi dan pengalaman pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, menentukan alokasi waktu dan sumber/bahan belajar. |
3 | Teaching | 5 | Mampu mengevaluasi dan mencari alternatif sistem teaching, termasuk kegiatan pembelajaran yang aktif dan efektif, terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup sesuai dengan rancangan pembelajaran yang telah disusun secara lengkap. |
4 | Teaching Plan | 5 | Mampu mengevaluasi dan mencari alternatif sistem pengelolaan Teaching Plan, termasuk formulasi tujuan pembelajaran, penyusunan silabus, penyusunan bahan ajar, serta pemilihan sumber pembelajaran dan medianya sesuai dengan materi dan strategi pembelajaran. |
5 | Society Development | 5 | Mampu mengembangkan proses yang terjadi pada pengelolaan unit kegiatan/organisasi kemahasiswaan maupun masyarakat internal dan eksternal. |
6 | User Research | 5 | Mampu merancang model implementasi konsep User Research, baik itu modifikasi prosedur ataupun merancang prosedur baru terkait User Research. |
Spesifikasi Jabatan | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
