DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
016/AJ-TELU/IV/PPM.2/2023 0
Direktorat/Fakultas Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat
Bagian/Prodi
Urusan
Jabatan Direktur Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat
Kelompok Bidang 1. Research Administration
Atasan Langsung 1. Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Dan Kerja Sama Universitas Telkom.
Bawahan Langsung 1. Kepala Bagian Penelitian.
2. Kepala Bagian Jurnal, Publikasi Dan Pengabdian Masyarakat.
Ikhtisar Jabatan Mengoordinasikan Dan Mengelola Strategi Dan Kebijakan Perencanaan, Pelaksanaan Dan Evaluasi Program Kerja Direktorat Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Yang Meliputi Kegiatan Penelitian, Pengabdian Masyarakat, Publikasi, Hilirisasi Riset, Serta Layanan Pelatihan Dan Sertifikasi Melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam merencanakan, mengelola, dan mengkoordinasikan kegiatan penelitian sehingga dapat berkontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan.
2. Bertanggung jawab dalam merancang, memonitor, dan mengevaluasi program pengabdian masyarakat sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat.
Uraian Tugas
1. Mengoordinasikan pemanfaatan dan pengembangan Fakultas untuk mengakselerasi kegiatan penelitian;
2. Merencanakan dan memimpin pelaksanaan program kerja penelitian sesuai dengan peta jalan (roadmap) penelitian institusi;
3. Mengoordinasikan pelaksanaan penelitian dengan Fakultas dan unit terkait;
4. Menyelenggarakan publikasi penelitian dan pengabdian masyarakat atau proyek kerja sama serta program hilirisasi hasil riset baik nasional maupun internasional;
5. Merumuskan dan mengendalikan strategi dan kebijakan hilirisasi riset dari hasil-hasil penelitian di lingkungan Universitas Telkom yang memiliki potensi komersial;
6. Merumuskan dan mengelola program-program hilirisasi riset dari hasil-hasil penelitian di lingkungan Universitas Telkom yang memiliki potensi komersial;
7. Merencanakan dan mengembangkan produk serta layanan sertifikasi dan pelatihan;
8. Merencanakan, mengelola dan memelihara sumber daya;
9. Melakukan koordinasi dengan Center of Excellence (CoE), Kelompok Keahlian (KK), Direktorat Bandung Techno Park (BTP), dan unit terkait lainnya dalam menunjang pelaksanaan kegiatan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat; dan
10. Membuat laporan kegiatan dan performansi secara berkala kepada Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kerja Sama.
Wewenang
1. Berwenang menetapkan dan mengarahkan kebijakan di Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat;
2. Berwenang mengkoordinasikan dan mengarahkan pengembangan fakultas dan unit terkait dalam pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.
3. Berwenang untuk merencanakan, mengelola, dan mengalokasikan sumber daya manusia guna mendukung percepatan kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat.
4. Berwenang memimpin dan mengarahkan pelaksanaan kerja penelitian sesuai dengan peta jalan yang telah ditetapkan.
5. Berwenang menyelenggarakan publikasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat.
6. Berwenang untuk merumuskan, mengelola, dan mengendalikan program hilirisasi riset yang memiliki nilai komersial guna mendukung inovasi dan pengembangan produk.
7. Berwenang merencanakan dan mengembangkan sertifikasi dan pelatihan.
8. Berwenang mewakili Direktorat dalam berkoordinasi dan bernegosiasi dengan pihak internal maupun eksternal.
9. Berwenang melaporkan kegiatan dan performansi Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat kepada Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kerja Sama.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Rektor
1 . Penetapan Usulan.
2 . Persetujuan Usulan.
3 . Terkait Ketersediaan Anggaran.
4 . Seputar Pengelolaan Penelitian, Publikasi, Dan Pengabdian Masyarakat.
2 . Wakil Rektor Bidang IV
1 . Penetapan Usulan.
2 . Persetujuan Usulan.
3 . Terkait Ketersediaan Anggaran.
4 . Seputar Pengelolaan Penelitian, Publikasi, Dan Pengabdian Masyarakat.
3 . Direktur Keuangan
1 . Penetapan Usulan.
2 . Persetujuan Usulan.
3 . Terkait Ketersediaan Anggaran.
4 . Seputar Pengelolaan Penelitian, Publikasi, Dan Pengabdian Masyarakat.
4 . Direktorat Dan Fakultas
1 . Penetapan Usulan.
2 . Persetujuan Usulan.
3 . Terkait Ketersediaan Anggaran.
4 . Seputar Pengelolaan Penelitian, Publikasi, Dan Pengabdian Masyarakat.
Eksternal Dalam Hal
1 . Yayasan Pendidikan Telkom
1 . Kebijakan Institusi.
2 . Pengelolaan Penelitian, Publikasi Dan Pengabdian Masyarakat.
3 . Pengelolaan Penelitian, Publikasi Dan Pengabdian Masyarakat.
2 . LLDIKTI IV, Ristekdikti, LPPM
1 . Kebijakan Institusi.
2 . Pengelolaan Penelitian, Publikasi Dan Pengabdian Masyarakat.
3 . Pengelolaan Penelitian, Publikasi Dan Pengabdian Masyarakat.
3 . Masyarakat, Industri, Dan Organisasi Mitra
1 . Kebijakan Institusi.
2 . Pengelolaan Penelitian, Publikasi Dan Pengabdian Masyarakat.
3 . Pengelolaan Penelitian, Publikasi Dan Pengabdian Masyarakat.
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Ketelitian SDM dalam penelitian.
2. Kualitas luaran pengabdian masyarakat masih sangat terbatas.
3. Jumlah publikasi internasional pada jurnal top tier (Q1) masih sangat terbatas.
4. Sebagian besar jurnal internal Tel-U belum terakreditasi Sinta dan sedikit yang mencapai Sinta 1
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1User Research6Konsep user research dipahami berbasis standar global, mampu dengan cepat mengikuti perkembangan global, mampu menginisiasi, merancang dan memimpin implementasi konsep user research, mampu menunjukan bahwa rancangan implementasi user research tersebut comparable dengan praktek umum di level global.
2Innovation Management6Konsep Innovation Management dipahami berbasis standar global, mampu dengan cepat mengikuti perkembangan global, mampu menginisiasi, merancang dan memimpin implementasi konsep Innovation Management, mampu menunjukkan bahwa rancangan implementasi Innovation Management tersebut comparable dengan praktek umum di level global.
3Society Development6Mampu mengevaluasi, menciptakan, dan menyelaraskan proses pengelolaan unit kegiatan mahasiswa maupun masyarakat internal dan eksternal.
4Financial Reporting6Mampu merancang, menciptakan dan menetapkan kebijakan sistem laporan keuangan perusahaan, memastikan kewajaran dan kepatuhan laporan keuangan terhadap standar akuntansi dan peraturan pasar modal yang berlaku.
5Community Relations6Mewujudkan good univeristy image dalam pengelolaan dan pembinaan dengan berbagai komunitas dalam upaya meningkatkan reputasi perusahaah di mata seluruh stakeholder.
6Document Administration6Mampu memahami, menjelaskan dan mencari alternatif pengelolaan dokumen perusahaan sesuai standar dan prosedur yang berlaku.
STRUKTUR ORGANISASI