DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
443/AJ-TELU/XII/TUKJ-5/2025 0
Direktorat/Fakultas Kampus Jakarta
Bagian/Prodi Dukungan Teknologi Informasi
Urusan Pengembangan Aplikasi
Jabatan Kepala Urusan
Kelompok Bidang 1. Information Technology
Atasan Langsung 1. Kepala Bagian Dukungan Teknologi Informasi.
Bawahan Langsung 1. Staf Pengembangan Aplikasi.
Ikhtisar Jabatan Merencanakan, Merancang, Dan Mengembangkan Aplikasi Untuk Kebutuhan Operasional.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam merencanakan, merancang, dan mengembangkan aplikasi sehingga membantu dalam menyesaikan pekerjaan dan operasional lainnya.
Uraian Tugas
1. Merencanakan, merancang, dan mengembangkan aplikasi untuk kebutuhan kampus;
2. Menjamin keberlanjutan dan pemeliharaan aplikasi;
3. Melakukan pengujian kualitas terhadap aplikasi yang dikembangkan;
4. Mengusulkan perbaikan atau pengembangan fitur aplikasi sesuai dengan kebutuhan kampus
Wewenang
1. Berwenang menentukan spesifikasi dan kebutuhan aplikasi.
2. Berwenang untuk mengambil langkah-langkah perbaikan apabila aplikasi mengalami gangguan, seperti bug atau masalah kompatibilitas.
3. Berwenang untuk mengevaluasi hasil pengujian dan memberikan laporan tentang temuan bug, kekurangan, atau potensi perbaikan dalam aplikasi.
4. Berwenang untuk mengumpulkan dan menganalisis umpan balik dari pengguna terkait fitur aplikasi yang ada dan kebutuhan baru yang muncul.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Direktorat Pusat Teknologi Informasi
1 . Strategi Digitalisasi Kampus, Prioritas Pengembangan Sistem/aplikasi, Dan Kebijakan Integrasi Sistem.
2 . Identifikasi Kebutuhan Pengguna Untuk Pengembangan Aplikasi Internal (akademik, Keuangan, SDM, Kemahasiswaan).
3 . Implementasi Dan Deployment Aplikasi Di Server, Integrasi API, Serta Manajemen Basis Data.
4 . Pengumpulan Feedback Pengguna, Uji Coba Aplikasi (UAT), Dan Pelatihan Penggunaan Sistem Baru.
2 . Fakultas, Direktorat, Bagian Layanan
1 . Strategi Digitalisasi Kampus, Prioritas Pengembangan Sistem/aplikasi, Dan Kebijakan Integrasi Sistem.
2 . Identifikasi Kebutuhan Pengguna Untuk Pengembangan Aplikasi Internal (akademik, Keuangan, SDM, Kemahasiswaan).
3 . Implementasi Dan Deployment Aplikasi Di Server, Integrasi API, Serta Manajemen Basis Data.
4 . Pengumpulan Feedback Pengguna, Uji Coba Aplikasi (UAT), Dan Pelatihan Penggunaan Sistem Baru.
3 . Unit Layanan TI / Infrastruktur
1 . Strategi Digitalisasi Kampus, Prioritas Pengembangan Sistem/aplikasi, Dan Kebijakan Integrasi Sistem.
2 . Identifikasi Kebutuhan Pengguna Untuk Pengembangan Aplikasi Internal (akademik, Keuangan, SDM, Kemahasiswaan).
3 . Implementasi Dan Deployment Aplikasi Di Server, Integrasi API, Serta Manajemen Basis Data.
4 . Pengumpulan Feedback Pengguna, Uji Coba Aplikasi (UAT), Dan Pelatihan Penggunaan Sistem Baru.
4 . Dosen, Staf, Dan Mahasiswa (User)
1 . Strategi Digitalisasi Kampus, Prioritas Pengembangan Sistem/aplikasi, Dan Kebijakan Integrasi Sistem.
2 . Identifikasi Kebutuhan Pengguna Untuk Pengembangan Aplikasi Internal (akademik, Keuangan, SDM, Kemahasiswaan).
3 . Implementasi Dan Deployment Aplikasi Di Server, Integrasi API, Serta Manajemen Basis Data.
4 . Pengumpulan Feedback Pengguna, Uji Coba Aplikasi (UAT), Dan Pelatihan Penggunaan Sistem Baru.
Eksternal Dalam Hal
1 . Vendor Software Dan Konsultan TI
1 . Pengembangan Bersama Aplikasi Kampus, Sistem ERP, Atau Integrasi Sistem Pihak Ketiga.
2 . Penyimpanan Data Aplikasi, Integrasi Sistem Dengan Platform Pihak Ketiga (misalnya, Google Cloud, AWS, Firebase).
3 . Benchmarking Aplikasi, Pengembangan Bersama Sistem Akademik, Atau Pertukaran Teknologi.
2 . Penyedia Layanan Cloud & API
1 . Pengembangan Bersama Aplikasi Kampus, Sistem ERP, Atau Integrasi Sistem Pihak Ketiga.
2 . Penyimpanan Data Aplikasi, Integrasi Sistem Dengan Platform Pihak Ketiga (misalnya, Google Cloud, AWS, Firebase).
3 . Benchmarking Aplikasi, Pengembangan Bersama Sistem Akademik, Atau Pertukaran Teknologi.
3 . Institusi Mitra Teknologi
1 . Pengembangan Bersama Aplikasi Kampus, Sistem ERP, Atau Integrasi Sistem Pihak Ketiga.
2 . Penyimpanan Data Aplikasi, Integrasi Sistem Dengan Platform Pihak Ketiga (misalnya, Google Cloud, AWS, Firebase).
3 . Benchmarking Aplikasi, Pengembangan Bersama Sistem Akademik, Atau Pertukaran Teknologi.
Masalah dan Tantangan Kerja
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Product & Solution Design4Mampu mengimplementasikan konsep Solution Design walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi Solution Design.
2Solution Development4Mampu mengimplementasikan konsep Solution Development walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi Solution Development.
3DEVOPS4Mampu mengimplementasikan konsep DevOps walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi DevOps.
4Digitization4Mampu mengimplementasikan konsep Digitization walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi Digitization.
STRUKTUR ORGANISASI