DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
437/AJ-TELU/XII/TUKJ-5/2025 0
Direktorat/Fakultas Kampus Jakarta
Bagian/Prodi Admisi Dan Marketing
Urusan Marketing Dan Komunikasi
Jabatan Kepala Urusan
Kelompok Bidang 1. Marketing And Communication
Atasan Langsung 1. Kepala Bagian Admisi Dan Marketing.
Bawahan Langsung 1. Staf Marketing Dan Komunikasi.
Ikhtisar Jabatan Merencanakan Dan Mengimplementasikan Strategi Marketing Kampus.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam merencanakan dan mengimplementasikan strategi marketing kampus sehingga memastikan bahwa kampus dapat mencapai sasaran terkait peningkatan jumlah pendaftar.
Uraian Tugas
1. Merencanakan dan Mengimplementasikan Strategi Marketing Kampus;
2. Melakukan komunikasi internal dan eksternal;
3. Menjalin hubungan dengan media dan mitra strategis untuk mendukung eksposur kampus; dan
4. Melakukan evaluasi berkala terhadap dampak kegiatan marketing dan komunikasi serta menyusun laporan kepada pimpinan.
Wewenang
1. Berwenang untuk merancang, menetapkan, dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang efektif untuk mempromosikan kampus, program studi, dan kegiatan akademik/non-akademik.
2. Berwenang untuk menjalin, mengelola, dan memelihara hubungan dengan media, mitra industri, sekolah, lembaga pendidikan, dan pihak eksternal lainnya untuk mendukung tujuan pemasaran dan branding kampus.
3. Berwenang untuk mengawasi dan mengevaluasi kinerja tim marketing dan komunikasi, memberikan arahan, serta memastikan semua kegiatan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Wakil Direktur Bidang Sumber Daya, Marketing Dan Admisi
1 . Penyusunan Strategi Komunikasi Institusi, Branding Kampus, Dan Promosi Terpadu.
2 . Penyusunan Materi Promosi Berdasarkan Keunikan Tiap Program Studi.
3 . Promosi PMB, Pameran Pendidikan, Dan Kegiatan Campus Tour.
4 . Publikasi Media Sosial, Media Cetak, Press Release, Dan Peliputan Kegiatan.
2 . Fakultas Dan Program Studi
1 . Penyusunan Strategi Komunikasi Institusi, Branding Kampus, Dan Promosi Terpadu.
2 . Penyusunan Materi Promosi Berdasarkan Keunikan Tiap Program Studi.
3 . Promosi PMB, Pameran Pendidikan, Dan Kegiatan Campus Tour.
4 . Publikasi Media Sosial, Media Cetak, Press Release, Dan Peliputan Kegiatan.
3 . Direktorat PADMI
1 . Penyusunan Strategi Komunikasi Institusi, Branding Kampus, Dan Promosi Terpadu.
2 . Penyusunan Materi Promosi Berdasarkan Keunikan Tiap Program Studi.
3 . Promosi PMB, Pameran Pendidikan, Dan Kegiatan Campus Tour.
4 . Publikasi Media Sosial, Media Cetak, Press Release, Dan Peliputan Kegiatan.
4 . Bagian PRA
1 . Penyusunan Strategi Komunikasi Institusi, Branding Kampus, Dan Promosi Terpadu.
2 . Penyusunan Materi Promosi Berdasarkan Keunikan Tiap Program Studi.
3 . Promosi PMB, Pameran Pendidikan, Dan Kegiatan Campus Tour.
4 . Publikasi Media Sosial, Media Cetak, Press Release, Dan Peliputan Kegiatan.
Eksternal Dalam Hal
1 . Sekolah Mitra (SMA/SMK/MA)
1 . Sosialisasi Kampus, Branding Di Sekolah, Dan Kerja Sama Strategis.
2 . Kampanye Iklan, Publikasi Media, Kolaborasi Branding Di Platform Digital.
3 . Promosi Berbayar, Penargetan Audiens Potensial, Dan Analitik Kampanye.
2 . Media Massa Dan Influencer
1 . Sosialisasi Kampus, Branding Di Sekolah, Dan Kerja Sama Strategis.
2 . Kampanye Iklan, Publikasi Media, Kolaborasi Branding Di Platform Digital.
3 . Promosi Berbayar, Penargetan Audiens Potensial, Dan Analitik Kampanye.
3 . Platform Digital Dan Sosial Media (Meta Ads, Google Ads, TikTok Ads)
1 . Sosialisasi Kampus, Branding Di Sekolah, Dan Kerja Sama Strategis.
2 . Kampanye Iklan, Publikasi Media, Kolaborasi Branding Di Platform Digital.
3 . Promosi Berbayar, Penargetan Audiens Potensial, Dan Analitik Kampanye.
Masalah dan Tantangan Kerja
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Integrated Marketing Communication3Mampu mengetahui karakteristik (kelebihan dan keterbatasan) dari masing-masing komponen atau media dalam bauran komunikasi pemasaran terkait dengan karakteristik produk (high involvement vs low involvement, high tech vs low tech products, dan lain-lain), posisi produk dalam PLC, situasi persaingan, dan batasan anggaran (cost per contract, dan lain-lain).
2Market Research4Mampu menganalisis hasil market research dan menjelaskan manfaatnya bagi perusahaan dan mengetahui kelemahan dan kelebihan sistem yang ada.
3Marketing Planning3Mampu menyusun dan mengembangkan sebuah marketing plan produk atau layanan secara end to end.
4Marketing Community Planning3Mampu memilih dan menerapkan marketing community planning dalam rangka peningkatan kinerja pemasaran (get, keep, grow).
STRUKTUR ORGANISASI