DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
338/AJ-TELU/III/PADM.5-6/2023 0 2025-01-09
Direktorat/Fakultas Pemasaran Dan Admisi
Bagian/Prodi Riset Dan Pemasaran Digital
Urusan Riset Pemasaran
Jabatan Staf
Kelompok Bidang 1. Marketing And Communication
Atasan Langsung 1. Kepala Urusan Riset Pemasaran.
Bawahan Langsung
Ikhtisar Jabatan Membantu Implementasi Kegiatan Riset Dan Kerja Sama Pemasaran Dalam Proses Penerimaan Mahasiswa Baru.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam mendukung implementasi program kerja kegiatan riset pemasaran sehingga dapat menunjang kegiatan penerimaan mahasiswa baru di Universitas Telkom.
Uraian Tugas
1. Membantu implementasi program kerja kegiatan riset pemasaran, dan kerja sama riset pemasaran pada proses penerimaan mahasiswa baru.
Wewenang
1. Berwenang melaksanakan riset pemasaran untuk mendukung strategi penerimaan mahasiswa baru.
2. Berwenang menyusun laporan riset prmasaran dan menyampaikannya kepada Kepala Urusan Riset Pemasaran.
3. Berwenang membuat proyeksi dan prediksi pasar untuk penerimaan mahasiswa baru.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Bagian Admisi
1 . Terkait Data Riset Sebagai Dasar Perencanaan Target Dan Pendekatan Rekrutmen Mahasiswa.
2 . Mendukung Kebutuhan Teknis Dalam Pengumpulan Data.
3 . Informasi Tentang Kebutuhan Program Studi Dan Latar Belakang Calon Mahasiswa Yang Diinginkan.
2 . Direktorat Pusat Teknologi Informasi
1 . Terkait Data Riset Sebagai Dasar Perencanaan Target Dan Pendekatan Rekrutmen Mahasiswa.
2 . Mendukung Kebutuhan Teknis Dalam Pengumpulan Data.
3 . Informasi Tentang Kebutuhan Program Studi Dan Latar Belakang Calon Mahasiswa Yang Diinginkan.
3 . Fakultas
1 . Terkait Data Riset Sebagai Dasar Perencanaan Target Dan Pendekatan Rekrutmen Mahasiswa.
2 . Mendukung Kebutuhan Teknis Dalam Pengumpulan Data.
3 . Informasi Tentang Kebutuhan Program Studi Dan Latar Belakang Calon Mahasiswa Yang Diinginkan.
Eksternal Dalam Hal
1 . Media Dan Platform Digital
1 . Sumber Data Eksternal Untuk Analisis Tren Digital.
2 . Menjadi Mitra Pembanding Dalam Studi Banding Strategi Pemasaran.
3 . Menjadi Responden Atau Partisipasi Dalam Survei.
2 . Universitas Lain
1 . Sumber Data Eksternal Untuk Analisis Tren Digital.
2 . Menjadi Mitra Pembanding Dalam Studi Banding Strategi Pemasaran.
3 . Menjadi Responden Atau Partisipasi Dalam Survei.
3 . Calon Mahasiswa Dan Orang Tua
1 . Sumber Data Eksternal Untuk Analisis Tren Digital.
2 . Menjadi Mitra Pembanding Dalam Studi Banding Strategi Pemasaran.
3 . Menjadi Responden Atau Partisipasi Dalam Survei.
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Keterbatasan data yang akurat dan terintegrasi.
2. Kesulitan mengidentifikasi segmen pasar potensial karena pasar pendidikan tinggi yang sangat dinamis dan kompetitif.
3. Perubahan cepat dalam perilaku konsumen pendidikan.
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Integrated Marketing Communication2Mampu mengetahui dan mampu menjelaskan mengenai bauran komunikasi pemasaran baik melalui media above the line maupun below the line (advertising, sales promo, direct marketing, PR) dan juga mengenali bauran komunikasi online (website, email blast, banner, button, text link, pops up, dan lain-lain).
2Personalization2Mampu menjalankan prosedur Personalization yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur Personalization dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur Personalization.
3Market Research3Mampu memilih dan mengimplementasikan metode riset yang paling tepat untuk program market research.
4Marketing Planning2Mampu menjelaskan secara komprehensif konsep marketing plan sesuai dengan strategic intent yang ada.
5Marketing Community planning2Mengetahui dan mampu menjelaskan marketing community planning dalam rangka peningkatan kinerja pemasaran (get, keep, grow).
STRUKTUR ORGANISASI