DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
186/AJ-TELU/IV/PPM.4/2023 0
Direktorat/Fakultas Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat
Bagian/Prodi Jurnal, Publikasi Dan Pengabdian Masyarakat
Urusan Pengabdian Masyarakat
Jabatan Kepala Urusan
Kelompok Bidang 1. Research Administration
Atasan Langsung 1. Kepala Bagian Jurnal, Publikasi Dan Pengabdian Masyarakat.
Bawahan Langsung 1. Staf Pengabdian Masyarakat.
Ikhtisar Jabatan Melaksanakan Program-program Kerja Terkait Pengabdian Masyarakat.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam melaksanakan program-program kerja terkait pengabdian masyarakat agar kegiatan tersebut berjalan sesuai rencana.
Uraian Tugas
1. Melaksanakan program kerja pengabdian masyarakat dan hilirisasi riset dengan pihak terkait Center of Excellence (Coe), Kelompok Keahlian (KK), dan Direktorat Bandung Techno Park (BTP);
2. Melaksanakan program pemanfaatan dan pengembangan Fakultas untuk mengakselerasi kegiatan pengabdian masyarakat dan hilirisasi riset;
3. Melaksanakan program kerja pengembangan pengabdian masyarakat dan hilirisasi riset baik nasional maupun internasional;
4. Melaksanakan program-program koordinasi pengabdian masyarakat dan hilirisasi riset dengan Fakultas dan unit terkait; dan
5. Melaksanakan proyek serta layanan sertifikasi dan pelatihan.
Wewenang
1. Mengelola program kerja pengabdian masyarakat serta hilirisasi riset yang selaras dengan kebijakan institusi.
2. Berwenang melakukan koordinasi dan kerja sama dengan CoE, KK, BTP, dan mitra terkait.
3. Berwenang mengusulkan dan memfasilitasi program pengabdian masyarakat dan hilirisasi riset baik nasional dan internasional.
4. Berwenang melakukan koordinasi dengan fakultas terkait pelaksanaan pengabdian masyarakat dan hilirisasi riset dengan fakultas dan unit terkait guna memastikan sinergi dan efektivitas program.
5. Berwenang melakukan evaluasi dan pelaporan berkala mengenai kemajuan dan hasil pelaksanaan program pengabdian masyarakat dan hilirisasi riset kepada pimpinan.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Urusan Data Dan Performansi
1 . Generate Data Pengabdian Masyarakat Untuk Tel-U Point.
2 . Generate Dan Evaluasi Data Penilaian Angka Kredit.
3 . Data Pencapaian Pengabdian Masyarakat Per Triwulan.
4 . Data Akreditasi Prodi Dan Universitas.
5 . Koordinasi Kehandalan Sistem Aplikasi Pengabdian Masyarakat Di Igracias.
2 . Bagian Pengembangan SDM
1 . Generate Data Pengabdian Masyarakat Untuk Tel-U Point.
2 . Generate Dan Evaluasi Data Penilaian Angka Kredit.
3 . Data Pencapaian Pengabdian Masyarakat Per Triwulan.
4 . Data Akreditasi Prodi Dan Universitas.
5 . Koordinasi Kehandalan Sistem Aplikasi Pengabdian Masyarakat Di Igracias.
3 . Fakultas Dan Bagian P3I
1 . Generate Data Pengabdian Masyarakat Untuk Tel-U Point.
2 . Generate Dan Evaluasi Data Penilaian Angka Kredit.
3 . Data Pencapaian Pengabdian Masyarakat Per Triwulan.
4 . Data Akreditasi Prodi Dan Universitas.
5 . Koordinasi Kehandalan Sistem Aplikasi Pengabdian Masyarakat Di Igracias.
4 . Bagian SPM
1 . Generate Data Pengabdian Masyarakat Untuk Tel-U Point.
2 . Generate Dan Evaluasi Data Penilaian Angka Kredit.
3 . Data Pencapaian Pengabdian Masyarakat Per Triwulan.
4 . Data Akreditasi Prodi Dan Universitas.
5 . Koordinasi Kehandalan Sistem Aplikasi Pengabdian Masyarakat Di Igracias.
5 . Direktorat Pusat Teknologi Informasi
1 . Generate Data Pengabdian Masyarakat Untuk Tel-U Point.
2 . Generate Dan Evaluasi Data Penilaian Angka Kredit.
3 . Data Pencapaian Pengabdian Masyarakat Per Triwulan.
4 . Data Akreditasi Prodi Dan Universitas.
5 . Koordinasi Kehandalan Sistem Aplikasi Pengabdian Masyarakat Di Igracias.
Eksternal Dalam Hal
1 . Yayasan Pendidikan Telkom
1 . Kebijakan Institusi.
2 . Pengelolaan Pengabdian Masyarakat.
3 . Pengelolaan Pengabdian Masyarakat.
2 . LLDIKTI IV, Ristekdikti, LPPM
1 . Kebijakan Institusi.
2 . Pengelolaan Pengabdian Masyarakat.
3 . Pengelolaan Pengabdian Masyarakat.
3 . Masyarakat, Industri, Dan Organisasi Mitra
1 . Kebijakan Institusi.
2 . Pengelolaan Pengabdian Masyarakat.
3 . Pengelolaan Pengabdian Masyarakat.
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Tantangan dalam membangun komunikasi yang intensif dan memperjelas peran masing-masing pihak dalam pelaksanaan program pengabdian dan hilirisasi riset.
2. Rendahnya dokumentasi dan publikasi hasil pengabdian masyarakat.
3. Kurangnya relevansi program dengan kebutuhan masyarakat.
4. Terbatasnya akses dan pengalaman dalam menjalin kemitraan luar negeri untuk pengabdian masyarakat.
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1User Research4Mampu mengimplementasikan konsep user research walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi user research.
2Innovation Management4Mampu mengimplementasikan konsep innovation management walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi innovation management.
3Society Development4Mampu menganalisa proses yang terjadi pada pengelolaan unit kegiatan atau organisasi kemahasiswaan maupun masyarakat internal dan eksternal maupun mengevaluasinya.
4Financial Reporting4Mampu menganalisis item-item laporan keuangan perusahaan untuk pengambilan keputusan.
5Community Relation4Mampu menyusun perencanaan dan melakukan implementasi dalam pengelolaan dan pembinaan hubungan baik dengan berbagai komunitas dalam upaya meningkatkan reputasi perusahaan.
6Document Administration4Mampu mengevaluasi dan memodifikasi proses pengelolaan dokumen (khususnya dokumen digital: foto, video dan lain-lain) yang berlaku dengan lebih baik
STRUKTUR ORGANISASI