DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
175/AJ-TELU/III/PADM.4/2023 0 2025-01-09
Direktorat/Fakultas Pemasaran Dan Admisi
Bagian/Prodi Riset Dan Pemasaran Digital
Urusan Pemasaran Digital
Jabatan Kepala Urusan
Kelompok Bidang 1. Marketing And Communication
Atasan Langsung 1. Kepala Bagian Riset Dan Pemasaran Digital.
Bawahan Langsung 1. Staf Pemasaran Digital.
Ikhtisar Jabatan Melakukan Implementasi Pemasaran Digital Dalam Proses Penerimaan Calon Mahasiswa Baru.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam melakukan implementasi program kerja proses pemasaran digital sehingga dapat menunjang kegiatan penerimaan mahasiswa baru di Universitas Telkom.
Uraian Tugas
1. Mengimplementasi program kerja proses pemasaran digital, dan kerja sama pemasaran digital pada proses penerimaan mahasiswa baru.
Wewenang
1. Berwenang mengimplementasikan strategi pemasaran digital untuk mendukung peningkatan jumlah pendaftar mahasiswa baru.
2. Berwenang mengakses dan menganalisis data performa digital marketing.
3. Berwenang mengusulkan dan mengelola anggaran kampanye digital sesuai kebutuhan dan efektivitas strategi yang dijalankan.
4. Berwenang melakukan evaluasi berkala atas efektivitas program pemasaran digital.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Urusan Riset Pemasaran
1 . Berkoordinasi Untuk Menyusun Strategi Digital Berbasis Riset Pasar.
2 . Menyediakan Data Performa Jalur Pendaftaran Untuk Evaluasi Digital Marketing.
2 . Bagian Admisi
1 . Berkoordinasi Untuk Menyusun Strategi Digital Berbasis Riset Pasar.
2 . Menyediakan Data Performa Jalur Pendaftaran Untuk Evaluasi Digital Marketing.
Eksternal Dalam Hal
1 . Influencer Pendidikan
1 . Kerja Sama Terkait Promosi Institusi.
2 . Menyebarkan Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru.
3 . Menjadi Target Kerja Sama Promosi Digital.
2 . Media Online
1 . Kerja Sama Terkait Promosi Institusi.
2 . Menyebarkan Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru.
3 . Menjadi Target Kerja Sama Promosi Digital.
3 . Sekolah
1 . Kerja Sama Terkait Promosi Institusi.
2 . Menyebarkan Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru.
3 . Menjadi Target Kerja Sama Promosi Digital.
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Persaingan dengan institusi pendidikan lain dalam kanal digital.
2. SDM yang harus kompeten dalam bidang digital marketing.
3. Perubahan tren digital yang sangat pesat mempengaruhi pendaftaran bagi calon mahasiswa baru.
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Content Management4Mampu mengimplementasi konsep Content Management walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur dan implementasi Content Management.
2Integrated Marketing Communication3Mampu mengetahui karakteristik (kelebihan dan keterbatasan) dari masing-masing komponen atau media dalam bauran komunikasi pemasaran terkait dengan karakteristik produk (high involvement vs low involvement, high tech vs low tech products, dan lain-lain), posisi produk PLC, situasi persaingan, dan batasan anggaran (cost per contract, dan lain-lain).
3Personalization3Mampu menjalankan prosedur Personalization yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur Personalization dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan bahan prosedur Personalization.
4Marketing Planning3Mampu menyusun dan mengembangkan sebuah marketing plan produk atau layanan secara end to end.
5Marketing Community Planning3Mampu memilih dan menerapkan marketing community planning dalam rangka peningkatan kinerja pemasaran (get, keep, grow).
STRUKTUR ORGANISASI