DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
146/AJ-TELU/I/PSAL.4/2023 0
Direktorat/Fakultas Pasca Sarjana Dan Advance Learning
Bagian/Prodi Bang Content Center Of E-Learning And Open Education
Urusan Pengembangan Dan Riset Digital Learning
Jabatan Kepala Urusan
Kelompok Bidang 1. Academic Administration
2. Education
Atasan Langsung 1. Kepala Bagian Bang Content Center Of E-Learning And Open Education.
Bawahan Langsung 1. Staf Pengembangan Dan Riset Digital Learning.
Ikhtisar Jabatan Melaksanakan Program Pengembangan Konten Pembelajaran Daring.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan program pengembangan konten sehingga dapat menunjang pembelajaran daring di Universitas Telkom.
Uraian Tugas
1. Melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi program pengembangan konten pembelajaran daring.
Wewenang
1. Berwenang dalam merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan strategi digital learning untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran daring.
2. Bertanggung jawab dalam melakukan riset terhadap tren dan teknologi terbaru dalam digital learning serta mengusulkan inovasi pembelajaran berbasis teknologi.
3. Memiliki otoritas dalam mengevaluasi efektivitas metode digital learning, mengidentifikasi area perbaikan, serta mengembangkan standar pembelajaran daring.
4. Berwenang dalam berkolaborasi dengan dosen, pengembang teknologi, dan tim akademik untuk memastikan implementasi digital learning berjalan optimal.
5. Bertanggung jawab dalam mengelola dan memastikan infrastruktur digital learning mendukung pengalaman belajar yang interaktif dan berkualitas.
6. Menyusun laporan berkala terkait perkembangan, efektivitas, dan hasil riset digital learning, serta menyampaikannya kepada atasan langsung.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Fakultas
1 . Customer Layanan
2 . Customer Layanan
3 . Customer Layanan
4 . Customer Layanan
5 . Customer Layanan
2 . Program Studi
1 . Customer Layanan
2 . Customer Layanan
3 . Customer Layanan
4 . Customer Layanan
5 . Customer Layanan
3 . Dosen
1 . Customer Layanan
2 . Customer Layanan
3 . Customer Layanan
4 . Customer Layanan
5 . Customer Layanan
4 . Mahasiswa
1 . Customer Layanan
2 . Customer Layanan
3 . Customer Layanan
4 . Customer Layanan
5 . Customer Layanan
5 . Unit Kerja
1 . Customer Layanan
2 . Customer Layanan
3 . Customer Layanan
4 . Customer Layanan
5 . Customer Layanan
Eksternal Dalam Hal
1 . Vendor Mitra Pengembangan Teknologi
1 . Pengembangan Teknologi
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Perlunya mengadaptasi metode pembelajaran baru seperti AI based learning dan microlearning.
2. Pentingnya mengukur dan menganalisis keberhasilan pembelajaran menggunakan e-learning.
3. Keamanan data dan kelancaran sistem yang harus dijaga.
Indikator Keberhasilan 1. Pengembangan MicroBachelor dengan jumlah 5
2. Implementasi bisnis untuk Return of Investment Celoe dengan jumlah 100
3. Sertifikasi dan pelatihan menggunakan uji kompetensi bagi dosen baru di Tel U Bandung, Jakarta, dan Surabaya dengan persentase 50%
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Program/Project Management4Mampu menganalisis metodologi organisasi yang standar dan ketat, dengan penerapan pengetahuan, keterampilan, alat dan teknik yang relevan untuk memastikan bahwa program dan proyek dikelola secara efektif.
2Content Strategy & Planning4Mampu mengimplementasikan konsep Content Strategy & Planning walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi Content strategy & Planning.
3Strategy Development4Mampu menganalisis Strategy Development (formulasi strategi).
4Innovation Management4Mampu mengimplementasikan konsep Innovation Management walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi Innovation Management.
5Performance Measurement4Mampu melakukan analisis terhadap pengukuran performance measurement berdasarkan metode yang tepat, mampu melakukan analisis mendalam terhadap hasil pengukurannya, serta menyajikannya dalam hasil yang interpretable terkait pengukuran kinerja dosen, guru dan tenaga kependidikan dengan sistem, proses, dan ukuran yang sesuai.
STRUKTUR ORGANISASI