DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
062/AJ-TELU/I/PSAL.3/2023 0
Direktorat/Fakultas Pasca Sarjana Dan Advance Learning
Bagian/Prodi Bang Content Center Of E-Learning And Open Education
Urusan
Jabatan Kepala Bagian
Kelompok Bidang 1. Academic Administration
2. Education
Atasan Langsung 1. Direktur Pasca Sarjana Dan Advance Learning.
Bawahan Langsung 1. Kepala Urusan Layanan Fasilitas Dan Produksi Konten Digital.
2. Kepala Urusan Pemanfaatan Dan Pengelolaan Konten Digital.
3. Kepala Urusan Pengembangan Dan Riset Digital Learning.
Ikhtisar Jabatan Merencanakan, Mengimplementasikan, Mengembangkan, Dan Mengevaluasi Program Terkait Dengan E-learning Dan Open Education.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam implementasi proses komersialisasi konten dan sarana sehingga dapat mendukung pembelajaran daring di Universitas Telkom.
2. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan program peningkatan kualitas layanan pendukung dan pengembangan konten sehingga dapat mendukung pembelajaran daring di Universitas Telkom.
3. Bertanggung jawab dalam pelaksanaan program pengembangan konten sehingga dapat menunjang pembelajaran daring di Universitas Telkom.
Uraian Tugas
1. Merencanakan, mengimplementasikan, mengembangkan, dan mengevaluasi program e-learning dan open education;
2. Merencanakan, mengimplementasikan, mengembangkan, dan mengevaluasi program pengembangan konten pembelajaran daring;
3. Mengelola proses komersialisasi dari konten dan sarana pembelajaran daring;
4. Merencanakan, mengimplementasikan, mengembangkan, dan mengevaluasi program peningkatan kualitas layanan perangkat pendukung, serta dokumentasi dan kebijakan dalam proses pengembangan konten pembelajaran daring;
5. Melakukan penilaian kinerja dan pembinaan terhadap pegawai di unit kerjanya; dan
6. Membuat laporan kegiatan dan performansi secara berkala kepada Direktur Pasca Sarjana dan Advance Learning.
Wewenang
1. Berwenang dalam menyusun strategi dan mengarahkan pengembangan program e-learning dan open education, termasuk peningkatan konten pembelajaran daring.
2. Memiliki otoritas dalam mengevaluasi efektivitas program e-learning, memastikan kualitas konten, serta melakukan perbaikan berdasarkan hasil analisis.
3. Bertanggung jawab dalam mengelola dan mengawasi proses komersialisasi konten serta sarana pembelajaran daring, termasuk strategi pemasaran dan kemitraan.
4. Berwenang dalam menetapkan kebijakan dan dokumentasi standar terkait pengembangan konten pembelajaran daring dan layanan pendukungnya.
5. Mengarahkan koordinasi dengan tim internal dan eksternal untuk memastikan implementasi program berjalan sesuai target dan standar mutu.
6. Bertanggung jawab dalam menyusun laporan kinerja, perkembangan program, dan efektivitas layanan kepada Direktur Pasca Sarjana dan Advanced Learning.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Fakultas
1 . Customer Layanan
2 . Customer Layanan
3 . Customer Layanan
4 . Customer Layanan
5 . Customer Layanan
2 . Program Studi
1 . Customer Layanan
2 . Customer Layanan
3 . Customer Layanan
4 . Customer Layanan
5 . Customer Layanan
3 . Dosen
1 . Customer Layanan
2 . Customer Layanan
3 . Customer Layanan
4 . Customer Layanan
5 . Customer Layanan
4 . Mahasiswa
1 . Customer Layanan
2 . Customer Layanan
3 . Customer Layanan
4 . Customer Layanan
5 . Customer Layanan
5 . Unit Kerja
1 . Customer Layanan
2 . Customer Layanan
3 . Customer Layanan
4 . Customer Layanan
5 . Customer Layanan
Eksternal Dalam Hal
1 . Vendor Mitra Pengembangan Teknologi
1 . Pengembangan Teknologi
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Perkembangan teknologi e-learning yang sangat cepat sehingga perlu terus adaptasi dengan inovasi terbaru.
2. Memastikan bahwa platform konten dapat diakses oleh semua pengguna baik dosen dan mahasiswa.
3. Perlunya sumber daya yang memiliki kompetensi di bidang tersebut.
Indikator Keberhasilan 1. Pengembangan MicroBachelor dengan jumlah 5
2. Implementasi bisnis untuk Return of Investment Celoe dengan jumlah 100
3. Sertifikasi dan pelatihan menggunakan uji kompetensi bagi dosen baru di Tel U Bandung, Jakarta, dan Surabaya dengan persentase 50%
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Video Service & Platform Design & Planning5Mampu memodifikasi model penyusunan desain jaringan Video Platform dalam mendukung kebutuhan dan strategi bisnis agar dihasilkan desain yang lebih baik.
2Video Platform Operation and maintenance5Mampu merekomendasikan dan melakukan revisi atas model atau kebijakan pedoman Video Platform untuk menjamin terciptanya standar service guarantee yang lebih tinggi.
3Voice, Data, Video & Multimedia Services Management5Mampu memodifikasi model atau metode, kebijakan, serta pedoman voice, data & multimedia services management eksisting untuk menjamin terciptanya standar kualitas layanan voice, data & multimedia yang lebih tinggi.
4Content Management5Mampu merancang model implementasi konsep Content Management, baik itu modifikasi prosedur ataupun merancang prosedur baru terkait Content Management.
5Writing & Reporting5Mampu mengevaluasi dan melakukan koreksi pada satu laporan baik substansi maupun bentuk penyajiannya serta tetap menjunjung objektivitas (tulisan yang dimaksud untuk kepentingan publikasi internal maupun eksternal).
6Program/Project Management5Mampu mengembangkan metodologi organisasi yang standar dan ketat, dengan penerapan pengetahuan, keterampilan, alat dan teknik yang relevan untuk memastikan bahwa program dan proyek dikelola secara efektif.
7Content Strategy & Planning5Mampu merancang model implementasi konsep Content Strategy & Planning, baik itu modifikasi prosedur ataupun merancang prosedur baru terkait Content Strategy & Planning.
8Strategy Development5Mampu mengembangkan konsep Strategy Development (formulasi strategi).
9Innovation Management5Mampu merancang model implementasi konsep Innovation Management, baik itu modifikasi prosedur ataupun merancang prosedur baru terkait Innovation Management.
10Performance Measurement5Mampu mengevaluasi dan menyusun rekomendasi peningkatan performance measurement berdasarkan hasil analisis pengukuran yang dikaitkan dengan kinerja dosen, guru, dan tenaga kependidikan dengan sistem, proses dan ukuran yang sesuai.
STRUKTUR ORGANISASI