DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
043/AJ-TELU/XI/FIT.2/2023 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Fakultas Ilmu Terapan | ||
Bagian/Prodi | |||
Urusan | |||
Jabatan | Dekan | ||
Kelompok Bidang | 1. Academic Administration 2. Education |
||
Atasan Langsung |
1. Rektor Universitas Telkom. |
||
Bawahan Langsung |
1. Wakil Dekan Bidang Akademik dan Dukungan Penelitian . 2. Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Sumber Daya dan Kemahasiswaan . 3. Ketua Program Studi FIT. 4. Ketua Kelompok Keilmuan FIT. |
||
Ikhtisar Jabatan | Memastikan Perencanaan Strategis Fakultas Sesuai Institusi, Memimpin Pelaksanaan Operasional Akademik, Dan Merumuskan Program Tridharma Pendidikan. | ||
Tujuan dan Tanggung Jawab |
1. Bertanggung jawab dalam perencanaan strategis fakultas sesuai institusi, melakukan evaluasi performansi fakultas dan program studi serta membuat laporan secara berkala kepada Rektor. |
||
Uraian Tugas |
1. Memastikan ketersediaan perencanaan strategis fakultas yang meliputi kegiatan akademik (pendidikan, pengajaran, kemahasiswaan, penelitian, dan pengabdian masyarakat), serta sumber daya fakultas sesuai dengan perencanaan strategis institusi dan berkoordinasi dengan semua Wakil Rektor, unit terkait, serta institusi eksternal baik dalam dan luar negeri; 2. Memastikan perencanaan strategis fakultas dilaksanakan sesuai dengan arah dan strategi institusi; 3. Memimpin pelaksanaan operasional akademik (pendidikan, pengajaran, kemahasiswaan, penelitian, dan pengabdian masyarakat), serta sumber daya fakultas; 4. Merumuskan dan melakukan evaluasi anggaran fakultas; 5. Melakukan evaluasi performansi fakultas dan program studi; 6. Melakukan penilaian kinerja dan pembinaan terhadap Prodi, Unit, Kelompok Keahlian (KK), Dosen, dan Tenaga Kependidikan; 7. Menjalin kerja sama dengan pihak industri dan membuka peluang kerja sama untuk pengembangan keilmuan atau keprofesian, antara lain namun tidak terbatas pada kerja praktek, magang, atau Praktek Kerja Lapangan; 8. Merencanakan dan merumuskan program-program internasionalisasi tridharma pendidikan; dan 9. Merencanakan dan merumuskan program-program pengembangan potensi entrepreneurship dari civitas academica fakultas. |
||
Wewenang |
1. Berwenang dalam menyusun, mengarahkan, dan menetapkan kebijakan strategis fakultas yang mencakup pendidikan, pengajaran, kemahasiswaan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. 2. Memiliki otoritas dalam memimpin, mengawasi, dan mengevaluasi pelaksanaan akademik di fakultas, termasuk penyusunan kurikulum, penelitian, serta pengelolaan sumber daya fakultas. 3. Bertanggung jawab dalam menyusun, mengalokasikan, serta mengevaluasi penggunaan anggaran fakultas guna memastikan efisiensi dan efektivitas operasional. 4. Berwenang dalam menilai kinerja program studi, dosen, dan tenaga kependidikan, serta melakukan pembinaan untuk meningkatkan kualitas akademik dan administratif fakultas. 5. Memiliki otoritas dalam menjalin kerja sama dengan industri, institusi dalam dan luar negeri, serta mengembangkan program internasionalisasi dalam tridharma perguruan tinggi. |
||
Hubungan Kerja | Internal | Dalam Hal | |
1 . Dir Keuangan | 1 . Koordinasi Bidang Keuangan 2 . Koordinasi Bidang I,II,III,IV 3 . Koordinasi Bidang SDM 4 . Koordinasi Dalam Bidang Perencanaan Institusi Dan Kesekretariatan | ||
2 . Wakil Rektor Bidang I,II,III,IV | 1 . Koordinasi Bidang Keuangan 2 . Koordinasi Bidang I,II,III,IV 3 . Koordinasi Bidang SDM 4 . Koordinasi Dalam Bidang Perencanaan Institusi Dan Kesekretariatan | ||
3 . Direktorat SDM | 1 . Koordinasi Bidang Keuangan 2 . Koordinasi Bidang I,II,III,IV 3 . Koordinasi Bidang SDM 4 . Koordinasi Dalam Bidang Perencanaan Institusi Dan Kesekretariatan | ||
4 . Dir SPS | 1 . Koordinasi Bidang Keuangan 2 . Koordinasi Bidang I,II,III,IV 3 . Koordinasi Bidang SDM 4 . Koordinasi Dalam Bidang Perencanaan Institusi Dan Kesekretariatan | ||
Eksternal | Dalam Hal | ||
1 . Orang Tua Mahasiswa | 1 . Engagement Dengan Orang Tua Mahasiswa; 2 . Prodi Baru, Sertifikasi Dan Jabatan Fungsional Dosen; 3 . Perijinan Pendirian Prodi Baru 4 . Program Sertifikasi 5 . Kerjasama Dengan Alumni 6 . Kegiatan Pengabdian Masyarakat | ||
2 . L2DIKTI | 1 . Engagement Dengan Orang Tua Mahasiswa; 2 . Prodi Baru, Sertifikasi Dan Jabatan Fungsional Dosen; 3 . Perijinan Pendirian Prodi Baru 4 . Program Sertifikasi 5 . Kerjasama Dengan Alumni 6 . Kegiatan Pengabdian Masyarakat | ||
3 . DIKTI | 1 . Engagement Dengan Orang Tua Mahasiswa; 2 . Prodi Baru, Sertifikasi Dan Jabatan Fungsional Dosen; 3 . Perijinan Pendirian Prodi Baru 4 . Program Sertifikasi 5 . Kerjasama Dengan Alumni 6 . Kegiatan Pengabdian Masyarakat | ||
4 . Vendor | 1 . Engagement Dengan Orang Tua Mahasiswa; 2 . Prodi Baru, Sertifikasi Dan Jabatan Fungsional Dosen; 3 . Perijinan Pendirian Prodi Baru 4 . Program Sertifikasi 5 . Kerjasama Dengan Alumni 6 . Kegiatan Pengabdian Masyarakat | ||
5 . Alumni | 1 . Engagement Dengan Orang Tua Mahasiswa; 2 . Prodi Baru, Sertifikasi Dan Jabatan Fungsional Dosen; 3 . Perijinan Pendirian Prodi Baru 4 . Program Sertifikasi 5 . Kerjasama Dengan Alumni 6 . Kegiatan Pengabdian Masyarakat | ||
6 . Masyarakat | 1 . Engagement Dengan Orang Tua Mahasiswa; 2 . Prodi Baru, Sertifikasi Dan Jabatan Fungsional Dosen; 3 . Perijinan Pendirian Prodi Baru 4 . Program Sertifikasi 5 . Kerjasama Dengan Alumni 6 . Kegiatan Pengabdian Masyarakat | ||
Masalah dan Tantangan Kerja |
1. Komplain dari mahasiswa, orang tua dan industri, Menurunnya brand image Prodi-prodi yang dikelola Fakultas. |
||
Indikator Keberhasilan | |||
No | Sub-Sub Kompetensi | Proficiency Level (PL) | Key Indicator |
1 | Strategy Development | 6 | Mampu mengevaluasi, menciptakan, dan menyelaraskan konsep Strategy Development. |
2 | Regulation, Standardization (Accreditation Management) | 5 | Mampu mengevaluasi dan mencari alternatif sistem Regulation, Standardization (Accreditation) Management terkait perencanaan lembaga pendidikan yang terkait untuk pemenuhan standar akreditasi yang telah ditetapkan. |
3 | Teaching | 6 | Mampu merancang, menciptakan, mengembangkan dan menetapkan strategi Teaching, termasuk kegiatan pembelajaran yang aktif dan efektif, terdiri dari kegiatan pendahukuan, inti dan penutup sesuai dengan rancangan pembelajaran yang telah disusun secara lengkap. |
4 | Syllabus Development | 6 | Mampu merancang, menciptakan, mengembangkan dan menetapkan strategi pengelolaan Syllabus Development terkait penyusunan dan pengembangan rencana pembelajaran pada satu atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup perumusan standar kompetensi dan kompetensi dasar, penentuan materi pokok pembelajaran, pemilihan strategi dan pengalaman pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, menentukan alokasi waktu dan sumber/bahan belajar. |
5 | Budgeting | 6 | Mampu mengembangkan, menetapkan kebijakan dan strategi rencana kerja anggaran perusahaan yang efektif dan efisien, serta mampu mengintegrasikan dengan sistem terkait lainnya. |
6 | Performance Management | 6 | Mampu menciptakan dan menyelaraskan sistem Performance Management, yaitu pengelolaan dan peningkatan proses penilaian kinerja karyawan secara keseluruhan untuk membangun organisasi berkinerja tinggi, dan memberikan bmbingan kepada supervisor pada pengelolaan konsekuensi yang terkait dengan kinerja karyawan. |
7 | Partnership Initiation | 6 | Mampu mengevaluasi, menciptakan, dan menyelaraskan konsep Partnership Initiation. |
8 | Partnership Process | 6 | Mampu menciptakan dan mengembangkan framework partnership strategy yang mendukung organisasi. |
Spesifikasi Jabatan | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
