DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
247/AJ-TELU/XII/TUKJ-4/2025 0
Direktorat/Fakultas Kampus Jakarta
Bagian/Prodi Layanan Administrasi Akademik, Alumni, Dan Kemahasiswaan
Urusan
Jabatan Kepala Bagian
Kelompok Bidang 1. Academic Administration
2. Student Life
Atasan Langsung 1. Wakil Direktur Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Riset dan Kerjasama Kampus Jakarta.
Bawahan Langsung 1. Kepala Urusan Layanan Administrasi Akademik.
2. Kepala Urusan Kemahasiswaan.
3. Kepala Urusan Karier Dan Alumni.
Ikhtisar Jabatan Mengelola Layanan Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, Dan Pengembangan Karir Serta Alumni Di Kampus Jakarta.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam pengelolaan administrasi akademik sehingga terselenggarakannya proses perkuliahan yang baik di Kampus Jakarta.
2. Bertanggung jawab dalam pengelolaan kemahasiswaan agar terciptanya keseimbangan antara kakdemik dan non akademik bagi mahasiswa di Kampus Jakarta.
3. Bertanggung jawab dalam pengembangan dan pembinaan karier bagi mahasiswa sehingga menciptakan alumni yang berdaya saing.
Uraian Tugas
1. Mengelola layanan administrasi akademik;
2. Mengelola program-program kegiatan dan organisasi mahasiswa;
3. Mengelola program-program kompetensi mahasiswa;
4. Mengelola program-program kerjasama dengan industri dalam rangka meningkatkan penyerapan lulusan;
5. Mengelola program profiling, talent management, recruitment and selection, dan konseling.
Wewenang
1. Berwenang menyusun kebijakan, mengatur prosedur, dan melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan layanan administrasi akademik.
2. Berwenang memberikan persetujuan rencana kegiatan organisasi mahasiswa serta melakukan evaluasi terhadap pelaksanaannya.
3. Berwenang merancang, mengembangkan, dan mengevaluasi program-program yang bertujuan meningkatkan skill mahasiswa;
4. Berwenang berkoordinasi dengan industri terkait kerja sama industri untuk mendukung penyerapan lulusan.
5. Berwenang menetapkan kebijakan operasional dalam profiling, rekrutmen, seleksi, serta layanan konseling mahasiswa untuk menunjang pengembangan karier dan kesiapan kerja.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
Eksternal Dalam Hal

Masalah dan Tantangan Kerja
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Syllabus Development5Mampu menguasai dan mencari alternatif sistem pengelolaan syllabus development terkait penyusunan dan pengembangan rencana pembelajaran pada satu atau kelompok mata pelajaran/ tema tertentu yang mencakup perumusan standar kompetensi dan kompetensi dasar, penentuan materi pokok pembelajaran, pemilihan strategi dan pengalaman pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, menetukan alokasi waktu dan sumber/ bahan ajar.
2Document Administration5Mampu mengevaluasi dan memodifikasi proses pengelolaan dokumen yang berlaku.
3Student Evaluation5Mampu mengevaluasi dan mencari alternatif sistem Student Evaluation eksisting, termasuk perancangan alat evaluasi, penggunaan metode penilaian, serta pemanfaatan berbagai hasil penilaian untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik tentang kemajuan belajarnya dan bahan penyusunan rancangan pembelajaran berikutnya.
4Communication Skill5Mampu mengevaluasi dan mencari alternatif sistem Effective Communication dalam bentuk komunikasi secara efektif, empatik dan santun.
5Career Development4Mampu menganalisis sistem Career Development, termasuk berkaitan dengan kebijakan, program, dan strategi Career Development.
6Document Administration4Mampu mengevaluasi dan memodifikasi proses pengeelolaan dokumen yang berlaku.
STRUKTUR ORGANISASI