DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
455/AJ-TELU/XII/TUKJ-6/2025 0
Direktorat/Fakultas Kampus Jakarta
Bagian/Prodi Admisi Dan Marketing
Urusan Marketing Dan Komunikasi
Jabatan Staf
Kelompok Bidang 1. Marketing And Communication
Atasan Langsung 1. Kepala Urusan Marketing Dan Komunikasi.
Bawahan Langsung
Ikhtisar Jabatan Mendukung Dan Membantu Pengimplementasian Strategi Marketing Kampus.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab mendukung dan membantu pengimplementasian strategi marketing kampus sehingga memastikan bahwa kampus dapat mencapai sasaran terkait peningkatan jumlah pendaftar.
Uraian Tugas
1. Mendukung pengimplementasian strategi marketing kampus;
2. Melaksanakan komunikasi internal dan eksternal;
3. Menjalankan hubungan dengan media dan mitra strategis untuk mendukung eksposur kampus; dan
4. Membantu evaluasi berkala terhadap dampak kegiatan marketing dan komunikasi serta menyusun laporan kepada pimpinan.
Wewenang
1. Berwenang membantu perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan kegiatan pemasaran kampus sesuai strategi yang telah ditetapkan.
2. Berwenang untuk mengelola saluran komunikasi internal dan eksternal kampus.
3. Berwenang untuk melaksanakan kegiatan promosi dan publikasi sesuai dengan arahan.
4. Berwenang untuk berkomunikasi langsung dengan media dan mitra eksternal terkait penyusunan konten atau rencana promosi kampus.
5. Berwenang untuk membantu menyusun laporan terkait kinerja kegiatan pemasaran dan komunikasi kampus, termasuk dampaknya terhadap pencapaian tujuan kampus, untuk diserahkan kepada pimpinan.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Admisi Dan Marketing
1 . Penyusunan Strategi Komunikasi Institusi, Branding Kampus, Dan Promosi Terpadu.
2 . Penyusunan Materi Promosi Berdasarkan Keunikan Tiap Program Studi.
3 . Promosi PMB, Pameran Pendidikan, Dan Kegiatan Campus Tour.
4 . Publikasi Media Sosial, Media Cetak, Press Release, Dan Peliputan Kegiatan.
2 . Fakultas Dan Program Studi
1 . Penyusunan Strategi Komunikasi Institusi, Branding Kampus, Dan Promosi Terpadu.
2 . Penyusunan Materi Promosi Berdasarkan Keunikan Tiap Program Studi.
3 . Promosi PMB, Pameran Pendidikan, Dan Kegiatan Campus Tour.
4 . Publikasi Media Sosial, Media Cetak, Press Release, Dan Peliputan Kegiatan.
3 . Direktorat PADMI
1 . Penyusunan Strategi Komunikasi Institusi, Branding Kampus, Dan Promosi Terpadu.
2 . Penyusunan Materi Promosi Berdasarkan Keunikan Tiap Program Studi.
3 . Promosi PMB, Pameran Pendidikan, Dan Kegiatan Campus Tour.
4 . Publikasi Media Sosial, Media Cetak, Press Release, Dan Peliputan Kegiatan.
4 . Bagian PRA
1 . Penyusunan Strategi Komunikasi Institusi, Branding Kampus, Dan Promosi Terpadu.
2 . Penyusunan Materi Promosi Berdasarkan Keunikan Tiap Program Studi.
3 . Promosi PMB, Pameran Pendidikan, Dan Kegiatan Campus Tour.
4 . Publikasi Media Sosial, Media Cetak, Press Release, Dan Peliputan Kegiatan.
Eksternal Dalam Hal
1 . Sekolah Mitra (SMA/SMK/MA)
1 . Sosialisasi Kampus, Branding Di Sekolah, Dan Kerja Sama Strategis.
2 . Kampanye Iklan, Publikasi Media, Kolaborasi Branding Di Platform Digital
3 . Promosi Berbayar, Penargetan Audiens Potensial, Dan Analitik Kampanye.
2 . Media Massa Dan Influencer
1 . Sosialisasi Kampus, Branding Di Sekolah, Dan Kerja Sama Strategis.
2 . Kampanye Iklan, Publikasi Media, Kolaborasi Branding Di Platform Digital
3 . Promosi Berbayar, Penargetan Audiens Potensial, Dan Analitik Kampanye.
3 . Platform Digital Dan Sosial Media (Meta Ads, Google Ads, TikTok Ads)
1 . Sosialisasi Kampus, Branding Di Sekolah, Dan Kerja Sama Strategis.
2 . Kampanye Iklan, Publikasi Media, Kolaborasi Branding Di Platform Digital
3 . Promosi Berbayar, Penargetan Audiens Potensial, Dan Analitik Kampanye.
Masalah dan Tantangan Kerja
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Integrated Marketing Communication2Mampu mengetahui dan mampu menjelaskan mengenai bauran komunikasi pemasaran baik melalui media above the line maupun below the line (advertising, sales promo, direct marketing, PR) dan juga mengenali bauran komunikasi online (website, email blast, banner, button, text link, pops up, dan lain-lain).
2Market Research3Mampu memilih dan mengimplementasikan metode riset yang paling tepat untuk program market research.
3Marketing Planning2Mampu menjelaskan secara komprehensif konsep marketing plan sesuai dengan strategic intent yang ada.
4Marketing Community Planning2Mengetahui dan mampu menjelaskan marketing community planning dalam rangka peningkatan kinerja pemasaran (get, keep, grow).
STRUKTUR ORGANISASI