DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
128/AJ-TELU/0/PUTI.4/2023 0
Direktorat/Fakultas Pusat Teknologi Informasi
Bagian/Prodi Infrastruktur TI
Urusan Pusat Data
Jabatan Kepala Urusan
Kelompok Bidang 1. Information Technology
Atasan Langsung 1. Kepala Bagian Infrastruktur TI.
Bawahan Langsung 1. Sysadmin HCI Pusat Data.
2. Sysadmin Cloud Pusat Data.
Ikhtisar Jabatan Mengembangkan Dan Menyiapkan Ruangan Data Center Serta Seluruh Infrastruktur Server Universitas.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam pengembangan ruangan Data Center dan infrastruktur server universitas sehingga mendukung kelancaran TI di Universitas Telkom.
Uraian Tugas
1. Mengembangkan ruangan Data Center universitas; dan
2. Menyiapkan seluruh infrastruktur server universitas.
Wewenang
1. Manajemen dan Pengelolaan Pusat Data – Berwenang dalam mengawasi, mengelola, dan memastikan operasional pusat data berjalan optimal, termasuk infrastruktur server, penyimpanan, dan keamanan data.
2. Keamanan dan Integritas Data – Memiliki otoritas dalam menjaga keamanan, redundansi, serta perlindungan terhadap ancaman siber, guna memastikan keberlanjutan layanan TI.
3. Monitoring dan Pemeliharaan Infrastruktur – Bertanggung jawab dalam melakukan pemantauan berkala terhadap kinerja pusat data, memastikan uptime maksimal, serta melakukan troubleshooting saat terjadi gangguan
4. Koordinasi dengan Tim IT dan Vendor – Berwenang dalam berkolaborasi dengan tim internal dan penyedia layanan eksternal untuk optimalisasi infrastruktur pusat data serta peningkatan kapasitas dan skalabilitas sistem
5. Pelaporan dan Evaluasi Kinerja – Menyusun laporan berkala terkait kapasitas, keamanan, dan efektivitas sistem pusat data, serta memberikan rekomendasi peningkatan kepada manajemen TI
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Atasan Langsung
1 . Koordinasi Persetujuan
2 . Koordinasi Dan Arahan
3 . Tiket Igracias, Layanan Igracias
2 . Bawahan Langsung
1 . Koordinasi Persetujuan
2 . Koordinasi Dan Arahan
3 . Tiket Igracias, Layanan Igracias
3 . Antar Unit
1 . Koordinasi Persetujuan
2 . Koordinasi Dan Arahan
3 . Tiket Igracias, Layanan Igracias
Eksternal Dalam Hal
1 . Antar Direktorat
1 . Layanan Colocation/vps, Negosiasi
2 . Komunikasi
2 . Supplier
1 . Layanan Colocation/vps, Negosiasi
2 . Komunikasi
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Transformasi Digital dan Adaptasi Teknologi Baru
2. Manajemen dan Pemeliharaan Infrastruktur
3. Efisiensi Energi dan Biaya Operasional
Indikator Keberhasilan 1. % of Cls mapped onto IT services in the CMDB (terkait layanan inti) dengan persentase 90%
2. % of Cls include in capacity planning (Terkait layanan inti) dengan persentase 90%
3. Integrasi jaringan Surabaya dan Purwokerto dengan persentase 70%
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Solution Development4Mampu mengimplementasikan konsep Solution Development walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi Solution Development.
2IT & Digital Change Management4Mampu mengimplementasikan konsep IT & Digital Change Management walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi IT & Digital Change Management.
3System Configuration & Asset Management4Mampu menganalisis sistem logical model infrastruktur IT.
4Problem Management4Mampu menganalisis konsep Problem Management (meminimalisir dampak dari insiden yang tidak dapat dicegah).
5Infrastructure Maintenance3Mampu mengaplikasikan konsep Infrastructure Maintenance untuk memastikan keunggulan operasional.
6Incident Recovery4Mampu mengoptimalkan fungsi incident recovery sehingga lebih kualitas layanan dan performansi yang efektif dan efisien.
7Lean & Agile3Mampu menjalankan prosedur Lean & Agile yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur Lean & Agile dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur Lean & Agile.
STRUKTUR ORGANISASI