DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
061/AJ-TELU/I/PSAL.3/2023 0
Direktorat/Fakultas Pasca Sarjana Dan Advance Learning
Bagian/Prodi Yan Center Of E-Learning And Open Education
Urusan
Jabatan Kepala Bagian
Kelompok Bidang 1. Academic Administration
2. Education
Atasan Langsung 1. Direktur Pasca Sarjana Dan Advance Learning.
Bawahan Langsung 1. Kepala Urusan Layanan Kuliah Daring Dan Standarisasi.
2. Kepala Urusan Infrastruktur Kuliah Daring.
Ikhtisar Jabatan Merencanakan, Mengimplementasikan, Mengembangkan, Dan Mengevaluasi Terkait Program E-learning Dan Open Education Serta Infrastruktur Pembelajaran Daring.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam perencanaan dan pengimplementasian layanan e-learning dan open education sehingga dapat menunjang perkuliahan di Universitas Telkom.
2. Bertanggung jawab dalam perencanaan dan pengimplementasian proses pengembangan infrastruktur pembelajaran daring sehingga dapat menunjang perkuliahan di Universitas Telkom.
Uraian Tugas
1. Merencanakan, mengimplementasikan, mengembangkan, dan mengevaluasi program e-learning dan open education (layanan terkait dengan e-learning dan open education);
2. Merencanakan, mengimplementasikan, mengembangkan, dan mengevaluasi program pemanfaatan konten;
3. Merencanakan, mengimplementasikan, mengembangkan, dan mengevaluasi program peningkatan kualitas layanan perangkat pendukung, serta dokumentasi dan kebijakan;
4. Mengembangkan dan memantau infrastruktur pembelajaran daring; dan
5. Membuat laporan kegiatan dan performansi secara berkala kepada Direktur Pasca Sarjana dan Advanced Learning
Wewenang
1. Perencanaan Strategis – Berwenang dalam merancang, mengembangkan, dan mengarahkan strategi program e-learning dan open education, termasuk pemanfaatan konten digital.
2. Implementasi dan Pengawasan – Memiliki otoritas untuk mengoordinasikan dan memastikan implementasi program e-learning berjalan sesuai standar mutu dan kebijakan akademik.
3. Evaluasi dan Peningkatan Layanan – Bertanggung jawab dalam mengevaluasi efektivitas program e-learning, layanan perangkat pendukung, serta mengusulkan inovasi dan perbaikan.
4. engelolaan Infrastruktur – Berwenang dalam mengembangkan dan memantau infrastruktur pembelajaran daring, termasuk teknologi dan sistem pendukung.
5. Koordinasi dan Kolaborasi – Mengarahkan kerja sama dengan unit akademik, teknologi informasi, dan pemangku kepentingan lain untuk optimalisasi layanan pembelajaran daring.
6. Pelaporan dan Akuntabilitas – Bertanggung jawab dalam menyusun laporan kegiatan dan performansi secara berkala kepada Direktur Pasca Sarjana dan Advanced Learning.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Fakultas
1 . Customer Layanan
2 . Customer Layanan
3 . Customer Layanan
4 . Customer Layanan
5 . Customer Layanan
2 . Program Studi
1 . Customer Layanan
2 . Customer Layanan
3 . Customer Layanan
4 . Customer Layanan
5 . Customer Layanan
3 . Dosen
1 . Customer Layanan
2 . Customer Layanan
3 . Customer Layanan
4 . Customer Layanan
5 . Customer Layanan
4 . Mahasiswa
1 . Customer Layanan
2 . Customer Layanan
3 . Customer Layanan
4 . Customer Layanan
5 . Customer Layanan
5 . Unit Kerja
1 . Customer Layanan
2 . Customer Layanan
3 . Customer Layanan
4 . Customer Layanan
5 . Customer Layanan
Eksternal Dalam Hal
1 . Vendor Mitra Pengembangan Teknologi
1 . Pengembangan Teknologi
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Kehandalan Teknologi;
2. Keterbatasan Sumberdaya Manusia;
3. Keterbatasan Sumberdaya Pengadaan.
Indikator Keberhasilan 1. Realibility perangkat PJJ dengan persentase 80%
2. Pengimplementasian pengembangan sistem dan layanan Celoe
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Video Service & Platform Design & Planning5Mampu memodifikasi model penyusunan desain jaringan video platform dalam mendukung kebutuhan dan strategi bisnis agar dihasilkan desain yang lebih baik.
2Video Platform Operation and Maintenance5Mampu merekomendasikan dan melakukan revisi atas model/kebijakan pedoman video platform untuk menjamin terciptanya standar service guarantee yang lebih tinggi.
3Voice, Data, Video & Multimedia Services Management5Mampu memodifikasi model/metode/kebijakan/pedoman voice, data & multimedia services management eksisting untuk menjamin terciptanya standar kualitas layanan voice, data & multimedia yang lebih tinggi.
4Digital Standards & Style Guide5Mampu merancang model implementasi konsep Digital Standards & Style Guide, baik itu modifikasi prosedur ataupun merancang prosedur baru terkait Standards & Style Guide.
5Content Management5Mampu merancang model implementasi konsep Content Management, baik itu modifikasi prosedur ataupun merancang prosedur baru terkait Content Management.
6Service Design5Mampu mengembangkan konsep perencanaan orang, infrastruktur, komunikasi dan komponen material layanan, dalam rangka meningkatkan kualitas, interaksi antara service provider dan pelanggan, serta customer experience.
7Solution and Service Testing5Mampu merancang model implementasi konsep Solution and Service Testing, baik itu modifikasi prosedur ataupun merancang prosedur baru terkait Solution and Service Testing.
8Sensing & Scanning5Mampu merancang model implementasi konsep Sensing & Scanning, baik itu modifikasi prosedur ataupun merancang prosedur baru terkait Sensing & Scanning.
9Design Thinking5Mampu merancang model implementasi konsep Design Thinking, baik itu modifikasi prosedur ataupun merancang prosedur baru terkait Design Thinking.
10Product & Solution Design5Mampu merancang model implementasi konsep Solution Design, baik itu modifikasi prosedur ataupun merancang prosedur baru terkait Solution Design.
STRUKTUR ORGANISASI