DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
170/AJ-TELU/III/PADM.4/2023 0 2025-01-09
Direktorat/Fakultas Pemasaran Dan Admisi
Bagian/Prodi Layanan Admisi
Urusan Pengawasan Dan Pengembangan Layanan
Jabatan Kepala Urusan
Kelompok Bidang 1. Marketing And Communication
Atasan Langsung 1. Kepala Bagian Layanan Admisi.
Bawahan Langsung 1. Staf Pengawasan Dan Pengembangan Layanan.
Ikhtisar Jabatan Melakukan Pengawasan Dan Pengembangan Layanan Proses Penerimaan Mahasiswa Baru.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam melakukan pengawasan dan pengembangan layanan proses penerimaan mahasiswa baru agar proses penerimaan mahasiswa baru berjalan dengan baik.
Uraian Tugas
1. Melakukan program kerja kegiatan pengawasan dan pengembangan layanan pada proses penerimaan mahasiswa baru.
2. Melakukan pengembangan strategi layanan dalam rangka meningkatkan proses penerimaan mahasiswa baru.
Wewenang
1. Berwenang menetapkan kebijakan terkait dengan pengawasan layanan pada proses penerimaan mahasiswa baru.
2. Berwenang mengawasi dan mengevaluasi kinerja pelayanan yang diberikan dalam proses penerimaan mahasiswa baru.
3. Berwenang merancang dan mengembangkan strategi layanan yang dapat meningkatkan proses penerimaan mahasiswa baru.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Bagian Admisi
1 . Berkoordinasi Dalam Pelaksanaan Layanan Penerimaan Mahasiswa Baru.
2 . Berkoordinasi Dalam Pengembangan Atau Pemutakhiran Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru.
3 . Terkait Hasil Evaluasi Mutu Layanan.
2 . Direktorat Pusat Teknologi Informasi
1 . Berkoordinasi Dalam Pelaksanaan Layanan Penerimaan Mahasiswa Baru.
2 . Berkoordinasi Dalam Pengembangan Atau Pemutakhiran Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru.
3 . Terkait Hasil Evaluasi Mutu Layanan.
3 . Bagian SAI
1 . Berkoordinasi Dalam Pelaksanaan Layanan Penerimaan Mahasiswa Baru.
2 . Berkoordinasi Dalam Pengembangan Atau Pemutakhiran Sistem Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru.
3 . Terkait Hasil Evaluasi Mutu Layanan.
Eksternal Dalam Hal
1 . Calon Mahasiswa Dan Orang Tua
1 . Terkait Masukan Atau Keluhan Pelayanan Penerimaan Mahasiswa Baru.
2 . Studi Banding Praktik Terbaik Layanan Penerimaan Mahasiswa Baru.
2 . Universitas Lain
1 . Terkait Masukan Atau Keluhan Pelayanan Penerimaan Mahasiswa Baru.
2 . Studi Banding Praktik Terbaik Layanan Penerimaan Mahasiswa Baru.
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Sulit untuk mendapatkan umpan balik yang cukup dari calon mahasiswa.
2. Pengawasan dan evaluasi kinerja layanan tidak terukur.
3. Tantangan dalam menjaga kepuasan calon mahasiswa.
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Integrated Marketing Communication3Mampu mengetahui karakteristik (kelebihan dan keterbatasan) dari masing-masing komponen atau media dalam bauran komunikasi permasalahan terkait dengan karakteristik produk (high involvement vs low involvement, high tech vs low tech product, dan lain-lain), posisi produk dalam PLC, situasi persaingan, dan batasan anggaran (cost per contract, dan lain-lain)
2360 Customer Analytics3Mampu menjalankan prosedur 360 Customer Analytics yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektifitas prosedur 360 Customer Analytics dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur 360 Customer Analytics.
3Digital Customer Experience3Mampu menjalankan prosedur digital touch points sebagai antarmuka antara pelanggan dan perusahaan untuk mencari serta menggunakan produk dan layanan.
4Customer Relationship Management Implementation3Mampu memilih dan menerapkan customer relationship management implementation dengan perusahaan melalui multi touch points (customer smart care) untuk mempromosikan produk, meningkatkan pendapatan, penjualan dan kepuasan pelanggan.
5Marketing & Sales Audit3NO SUB-SUB KOMPETENSI PROFICIENCY LEVEL (PL) KEY INDICATOR 1. Integrated Marketing Communication 3 Mampu mengetahui karakteristik (kelebihan dan keterbatasan) dari masing-masing komponen atau media dalam bauran komunikasi permasalahan terkait dengan karakteristik produk (high involvement vs low involvement, high tech vs low tech product, dan lain-lain), posisi produk dalam PLC, situasi persaingan, dan batasan anggaran (cost per contract, dan lain-lain) 2. 360 Customer Analytics 3 Mampu menjalankan prosedur 360 Customer Analytics yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektifitas prosedur 360 Customer Analytics dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur 360 Customer Analytics. 3. Digital Customer Experience 3 Mampu menjalankan prosedur digital touch points sebagai antarmuka antara pelanggan dan perusahaan untuk mencari serta menggunakan produk dan layanan. 4. Customer Relationship Management Implementation 3 Mampu memilih dan menerapkan customer relationship management implementation dengan perusahaan melalui multi touch points (customer smart care) untuk mempromosikan produk, meningkatkan pendapatan, penjualan dan kepuasan pelanggan. 5. Marketing & Sales Audit 3 Mampu mengaplikasikan tahapan atau proses pelaksanaan audit atau internal consulting marketing & sales yang dilakukan oleh IA mulai tahap perencanaan sampai dengan pelaporan, mampu menemukenali masalah berupa ketidakcocokan kondisi dan kriteria yang nyata melalui collecting dan evaluasi evidence/bukti secara sistematis terkait dengan berbagai macam tipe atau jenis pemasaran dan penjualan baik yang masih menggunakan cara-cara manual maupun yang sudah berbasis pada media elektronik.
STRUKTUR ORGANISASI