DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
454/AJ-TELU/XII/TUKJ-6/2025 0
Direktorat/Fakultas Kampus Jakarta
Bagian/Prodi Penelitian, Pengabdian Masyarakat, Dan Kerjasama
Urusan Perpustakaan
Jabatan Staf
Kelompok Bidang 1. Academic Administration
2. Library
Atasan Langsung 1. Kepala Urusan Perpustakaan.
Bawahan Langsung
Ikhtisar Jabatan Mendukung Dan Membantu Pengelolaan Perpustakaan Di Kampus Jakarta.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam menndukung dan membantu pengelolaan perpustakaan sehingga dapat menjadi wadah ilmu bagi mahasiswa.
Uraian Tugas
1. Membantu penyediaan jenis sumber daya keilmuan dan kebutuhan bahan pustaka;
2. Mendukung kebijakan administrasi dan pelayanan pustaka;
3. Membantu koordinasi dengan Program Studi terkait pengembangan sumber daya keilmuan; dan
4. Membantu membuat laporan secara berkala terkait pengelolaan perpustakaan.
Wewenang
1. Berwenang mencatat kebutuhan bahan pustaka.
2. Berwenang melakukan input data koleksi pustaka ke dalam sistem informasi perpustakaan serta memperbarui status peminjaman dan pengembalian.
3. Berwenang menyampaikan kebutuhan atau masukan dari pengguna kepada Kepala Urusan Perpustakaan dan berkomunikasi dengan Program Studi terkait kebutuhan referensi akademik.
4. Berwenang mengumpulkan data dan menyusun laporan kegiatan dan penggunaan perpustakaan secara berkala.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Direktorat Akademik
1 . Dokumen Kebijakan Pengembangan Layanan Informasi Dan Dukungan Pembelajaran.
2 . Pemenuhan Kebutuhan Referensi Untuk Pengajaran, Penelitian, Dan Tugas Akhir.
3 . Permintaan Referensi, Bantuan Sitasi, Pengelolaan Repository, Dan Tools Anti-plagiarisme.
4 . Layanan Peminjaman Koleksi, Ruang Baca, Literasi Informasi, Pelatihan Penelusuran Referensi.
5 . Pengembangan Sistem Manajemen Perpustakaan (OPAC), Repository Institusi, Dan Database Digital.
2 . Fakultas Dan Program Studi
1 . Dokumen Kebijakan Pengembangan Layanan Informasi Dan Dukungan Pembelajaran.
2 . Pemenuhan Kebutuhan Referensi Untuk Pengajaran, Penelitian, Dan Tugas Akhir.
3 . Permintaan Referensi, Bantuan Sitasi, Pengelolaan Repository, Dan Tools Anti-plagiarisme.
4 . Layanan Peminjaman Koleksi, Ruang Baca, Literasi Informasi, Pelatihan Penelusuran Referensi.
5 . Pengembangan Sistem Manajemen Perpustakaan (OPAC), Repository Institusi, Dan Database Digital.
3 . Dosen Dan Peneliti
1 . Dokumen Kebijakan Pengembangan Layanan Informasi Dan Dukungan Pembelajaran.
2 . Pemenuhan Kebutuhan Referensi Untuk Pengajaran, Penelitian, Dan Tugas Akhir.
3 . Permintaan Referensi, Bantuan Sitasi, Pengelolaan Repository, Dan Tools Anti-plagiarisme.
4 . Layanan Peminjaman Koleksi, Ruang Baca, Literasi Informasi, Pelatihan Penelusuran Referensi.
5 . Pengembangan Sistem Manajemen Perpustakaan (OPAC), Repository Institusi, Dan Database Digital.
4 . Mahasiswa
1 . Dokumen Kebijakan Pengembangan Layanan Informasi Dan Dukungan Pembelajaran.
2 . Pemenuhan Kebutuhan Referensi Untuk Pengajaran, Penelitian, Dan Tugas Akhir.
3 . Permintaan Referensi, Bantuan Sitasi, Pengelolaan Repository, Dan Tools Anti-plagiarisme.
4 . Layanan Peminjaman Koleksi, Ruang Baca, Literasi Informasi, Pelatihan Penelusuran Referensi.
5 . Pengembangan Sistem Manajemen Perpustakaan (OPAC), Repository Institusi, Dan Database Digital.
5 . Unit IT / Sistem Informasi
1 . Dokumen Kebijakan Pengembangan Layanan Informasi Dan Dukungan Pembelajaran.
2 . Pemenuhan Kebutuhan Referensi Untuk Pengajaran, Penelitian, Dan Tugas Akhir.
3 . Permintaan Referensi, Bantuan Sitasi, Pengelolaan Repository, Dan Tools Anti-plagiarisme.
4 . Layanan Peminjaman Koleksi, Ruang Baca, Literasi Informasi, Pelatihan Penelusuran Referensi.
5 . Pengembangan Sistem Manajemen Perpustakaan (OPAC), Repository Institusi, Dan Database Digital.
Eksternal Dalam Hal
1 . Perpustakaan Nasional Dan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI)
1 . Standarisasi Layanan, Akreditasi Perpustakaan, Pelaporan Koleksi Nasional.
2 . Pengadaan Buku Dan Jurnal (fisik Dan Digital).
3 . Langganan Database Ilmiah, Pelatihan Penggunaan, Negosiasi Lisensi.
4 . Integrasi Repository Institusi, Indexing, Dan Visibilitas Publikasi Tel-U.
2 . Penerbit Dan Distributor Buku
1 . Standarisasi Layanan, Akreditasi Perpustakaan, Pelaporan Koleksi Nasional.
2 . Pengadaan Buku Dan Jurnal (fisik Dan Digital).
3 . Langganan Database Ilmiah, Pelatihan Penggunaan, Negosiasi Lisensi.
4 . Integrasi Repository Institusi, Indexing, Dan Visibilitas Publikasi Tel-U.
3 . Penyedia Database Dan E-Resources (Elsevier, ProQuest, IEEE, Dll.)
1 . Standarisasi Layanan, Akreditasi Perpustakaan, Pelaporan Koleksi Nasional.
2 . Pengadaan Buku Dan Jurnal (fisik Dan Digital).
3 . Langganan Database Ilmiah, Pelatihan Penggunaan, Negosiasi Lisensi.
4 . Integrasi Repository Institusi, Indexing, Dan Visibilitas Publikasi Tel-U.
4 . Lembaga Pengelola Jurnal / Repositori Ilmiah
1 . Standarisasi Layanan, Akreditasi Perpustakaan, Pelaporan Koleksi Nasional.
2 . Pengadaan Buku Dan Jurnal (fisik Dan Digital).
3 . Langganan Database Ilmiah, Pelatihan Penggunaan, Negosiasi Lisensi.
4 . Integrasi Repository Institusi, Indexing, Dan Visibilitas Publikasi Tel-U.
Masalah dan Tantangan Kerja
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Service Development3Mampu memilih konsep yang tepat untuk mengoptimalkan keseluruhan proses dari desain, development, testing, dan dokumentasi dalam rangka kegiatan service development sesuai standar yang disepakati.
2Library Administration3Mampu menerapkan penempatan sumber bahan pustaka yang tidak sesuai dengan kaidah katalog.
3Regulation, Standardization (Accreditation Management)3Mampu melaksanakan pengelolaan Regulation, Standardization (Accreditation Management) terkait perencanaan lembaga pendidikan yang terkait untuk pemenuhan standar akreditasi yang telah ditetapkan.
4Service Design3Mampu merencanakan dan mengatur orang, infrastruktur, komunikasi dan komponen material layanan, dalam rangka meningkatkan kualitas, interaksi antara service provider dan pelanggan, serta customer experience.
STRUKTUR ORGANISASI