DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
392/AJ-TELU/XI/FIF.5-6/2023 0
Direktorat/Fakultas Fakultas Informatika
Bagian/Prodi Program Studi FIF
Urusan
Jabatan Staf
Kelompok Bidang 1. Academic Administration
2. Education
Atasan Langsung 1. Sekretaris Program Studi FIF.
Bawahan Langsung
Ikhtisar Jabatan Membantu Menyiapkan Pelaksanaan Seluruh Program Kerja Di Program Studi.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam membantu menyiapkan pelaksanaan seluruh program kerja di program studi sehingga dapat mencapai visi dan misi program studi.
Uraian Tugas
1. Membantu menyiapkan pelaksanaan program kerja program studi;
2. Membantu menyiapkan penyusunan dan pelaksanaan evaluasi kurikulum program studi;
3. Membantu menyiapkan perumusan target kualitas proses belajar mengajar pada program studi;
4. Membantu menyiapkan pelaksanaan rekrutasi dan pengelolaan dosen luar biasa pada program studi, berkoordinasi dengan Ketua Kelompok Keahlian (KK);
5. Membantu menyiapkan program-program internasionalisasi dalam bidang pengajaran;
6. Membantu menyiapkan program-program pengembangan potensi entrepreneurship dari mahasiswa melalui pengembangan kurikulum dan proses pengajaran;
7. Membantu menyiapkan pelaksanaan pembinaan serta evaluasi kinerja dosen dan tenaga kependidikan terkait; dan
8. Membantu menyiapkan pengelolaan mutu program studi.
Wewenang
1. Berwenang untuk membantu perencanaan dan menyusul jadwal program kerja program studi.
2. koordinasi dalam penyusunan kurikulum prodi dengan Ketua Program Studi.
3. Berwenang dalam pengelolaan Dosen Luar Biasa program studi tersebut.
4. Berwenang dalam membantu menyiapkan pengelolaan mutu program studi.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Kaprodi Dan Sekprodi
1 . Koordinasi Administrasi Prodi.
2 . Koordinasi Pengajaran.
3 . Koordinasi Keuangan Dan Logistik.
2 . Dosen
1 . Koordinasi Administrasi Prodi.
2 . Koordinasi Pengajaran.
3 . Koordinasi Keuangan Dan Logistik.
3 . Kaur Sumber Daya Fakultas
1 . Koordinasi Administrasi Prodi.
2 . Koordinasi Pengajaran.
3 . Koordinasi Keuangan Dan Logistik.
Eksternal Dalam Hal
1 . Industri
1 . Konfirmasi Surat Menyurat.
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Dokumentasi yang tidak tertata dan sulit diakses.
2. Komplain dari industri, orang tua, mahasiswa dan dosen.
3. Keterbatasan dalam sumber daya dalam menjalankan program kerja program studi.
4. Variasi kompetensi dosen yang berpengaruh pada keseragaman kualitas pengajaran.
5. Tantangan dalam internasionalisasi program studi baik dalam hal regulasi maupun SDM nya.
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Teaching Plan3Mampu melaksanakan pengelolaan Teaching Plan, termasuk formulasi tujuan pembelajaran, penyusunan silabus, penyusunan bahan ajar, serta pemilihan sumber pembelajaran dan medianya sesuai dengan materi & strategi pembelajaran.
2Syllabus Development3Mampu melaksanakan pengelolaan Syllabus Development terkait penyusunan dan pengembangan rencana pembelajaran pada satu atau kelompok mata pelajaran/ tema tertentu yang mencakup perumusan standar kompetensi dan kompetensi dasar, penentuan materi pokok pembelajaran, pemilihan strategi dan pengalaman pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, menentukan alokasi waktu dan sumber/bahan belajar.
3Strategy and Policy Management3Mampu melaksanakan pengelolaan Strategy and Policy Management dalam konteks pendidikan, termasuk pembuatan peta dan formulasi strategi pengembangan serta analisa lingkungan internal dan eksternal.
4Regulation, Standardization (Accreditation Management)3Mampu melaksanakan pengelolaan Regulation, Standardization (Accreditation) Management terkait perencanaan lembaga pendidikan yang terkait untuk pemenuhan standar akreditasi yang telah ditetapkan.
STRUKTUR ORGANISASI