DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
342/AJ-TELU/III/KMHS.5-6/2023 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Kemahasiswaan, Pengembangan Karier, Dan Alumni | ||
Bagian/Prodi | Pengembangan Karakter Dan Kesejahteraan Mahasiswa | ||
Urusan | Pengembangan Karakter Dan Konseling | ||
Jabatan | staf | ||
Kelompok Bidang | 1. Academic Administration 2. Education 3. Student Life |
||
Atasan Langsung |
1. Kepala Urusan Pengembangan Karakter Dan Konseling. |
||
Bawahan Langsung | |||
Ikhtisar Jabatan | Melaksanakan Terkait Program Kegiatan Pengembangan Karakter Dan Konseling. | ||
Tujuan dan Tanggung Jawab |
1. Bertanggung jawab dalam membantu melaksanakan program pengembangan karakter dan konseling sehingga dapat membantu mahasiswa mengembangkan dirinya secara optimal. |
||
Uraian Tugas |
1. Mendukung rencana implementasi, monitoring, dan evaluasi program kerja; 2. Melaksanakan program pengembangan karakter dan kemitrausahaan; dan 3. Melaksanakan program bimbingan dan konseling. |
||
Wewenang |
1. Berwenang untuk menyusun dan mengembangkan modul, kurikulum, serta metode pelaksanaan program pengembangan karakter, kemitrausahaan, dan konseling. 2. Berwenang mengakses data dan informasi mahasiswa. 3. Berwenang melakukan sesi konseling individu atau kelompok. 4. Berwenang mengumpulkan data, menyusun laporan, serta menyampaikan hasil evaluasi program kerja kepada atasan langsung. |
||
Hubungan Kerja | Internal | Dalam Hal | |
1 . Fakultas Dan Program Studi | 1 . Semua Kegiatan Yang Dilaksanakan Oleh Urusan Pengembangan Karakter Dan Konseling. 2 . Peminjaman Ruangan, Pemeliharaan Ruangan, Dan Fasilitas Ruangan. 3 . Terkait Anggaran. 4 . Penyediaan Aplikasi Pendukung Kegiatan Di Urusan Pengembangan Karakter Dan Konseling. | ||
2 . Direktorat Aset Dan Sustainability | 1 . Semua Kegiatan Yang Dilaksanakan Oleh Urusan Pengembangan Karakter Dan Konseling. 2 . Peminjaman Ruangan, Pemeliharaan Ruangan, Dan Fasilitas Ruangan. 3 . Terkait Anggaran. 4 . Penyediaan Aplikasi Pendukung Kegiatan Di Urusan Pengembangan Karakter Dan Konseling. | ||
3 . Direktorat Keuangan | 1 . Semua Kegiatan Yang Dilaksanakan Oleh Urusan Pengembangan Karakter Dan Konseling. 2 . Peminjaman Ruangan, Pemeliharaan Ruangan, Dan Fasilitas Ruangan. 3 . Terkait Anggaran. 4 . Penyediaan Aplikasi Pendukung Kegiatan Di Urusan Pengembangan Karakter Dan Konseling. | ||
4 . Direktorat Pusat Teknologi Informasi | 1 . Semua Kegiatan Yang Dilaksanakan Oleh Urusan Pengembangan Karakter Dan Konseling. 2 . Peminjaman Ruangan, Pemeliharaan Ruangan, Dan Fasilitas Ruangan. 3 . Terkait Anggaran. 4 . Penyediaan Aplikasi Pendukung Kegiatan Di Urusan Pengembangan Karakter Dan Konseling. | ||
Eksternal | Dalam Hal | ||
1 . Universitas Lain | 1 . Studi Banding. 2 . Konsultan Psikologi. 3 . Penyiapan Data Pendukung. | ||
2 . Organisasi Keprofessian | 1 . Studi Banding. 2 . Konsultan Psikologi. 3 . Penyiapan Data Pendukung. | ||
3 . Badan Akreditasi Nasional Dan Internasional | 1 . Studi Banding. 2 . Konsultan Psikologi. 3 . Penyiapan Data Pendukung. | ||
Masalah dan Tantangan Kerja |
1. Konteks yang terus berubah dalam merancang program pengembangan karakter dan konseling. 2. Keterbatasan sumber daya yang berkompeten dalam pengembangan karakter dan konseling. 3. Kurangnya partisipasi dan kesadaran mahasiswa dalam mengikuti program pengembangan karakter dan konseling. 4. Mahasiswa yang menghadapi masalah psikologis atau emosional mungkin merasa enggan atau takut mencari bantuan konseling. |
||
Indikator Keberhasilan | |||
No | Sub-Sub Kompetensi | Proficiency Level (PL) | Key Indicator |
1 | Corporate Event Management | 2 | Mampu menjelaskan dan mencari alternatif lain pengelolaan dokumen perusahaan sesuai standar dan prosedur yang berlaku. |
2 | Community Relations | 2 | Mampu melakukan implementasi dan evaluasi pengelolaan dan hubungan dengan berbagai komunitas dalam upaya meningkatkan reputasi perusahaan serta memberikan rekomendasi atas hasil evaluasi program tersebut. |
3 | Social Media Management | 2 | Mempunyai kemampuan dasar dalam berkomunikasi melalui media sosial dalam rangka membangun reputasi perusahaan. |
4 | Preventive Healthcare | 2 | Mampu memahami dan menjelaskan prinsip-prinsip dan proses prevetive healthcare, terkait aktivitas pencegahan atau konsep dalam layanan kesehatan. |
5 | Strategy and Policy Management | 2 | Mampu memahami prinsip-prinsip strategy and policy management dalam konteks pendidikan, termasuk pembuatan peta dan formulasi strategi pengembangan serta analisa lingkungan internal dan eksternal. |
6 | Communication Skill | 3 | Mampu melaksanakan kegiatan Effective Communication dalam bentuk komunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dan bersikap antusias dan positif dan mampu memberikan respon yang lengkap dan relevan kepada komentar atau pertanyaan peserta didik. |
Spesifikasi Jabatan | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
