DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
279/AJ-TELU/0/PUTI.5-6/2023 0
Direktorat/Fakultas Pusat Teknologi Informasi
Bagian/Prodi Pengembangan Produk TI
Urusan Pengembangan Produk TI Non-Akademik
Jabatan System Analyst
Kelompok Bidang 1. Information Technology
Atasan Langsung 1. Kepala Urusan Pengembangan Produk TI Non-Akademik.
Bawahan Langsung
Ikhtisar Jabatan Mengumpulkan Dan Melaksanakan Analisa Terkait Pengembangan Perangkat Lunak Produk Teknologi Informasi (TI) Non-akademik.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam mengumpulkan dan melaksanakan analisa terkait pengembangan perangkat lunak produk Teknologi Informasi (TI) non-akademik agar menghasilkan rancangan yang sesuai.
Uraian Tugas
1. Melaksanakan analisa terhadap sistem atau aplikasi produk Teknologi Informasi (TI) non-akademik agar menghasilkan rancangan aplikasi sesuai requirement;
2. Melaksanakan analisa perbaikan atau penyesuaian terhadap framework yang digunakan dalam pengembangan perangkat lunak produk Teknologi Informasi (TI) non-akademik; dan
3. Mengumpulkan hasil coding setiap fitur aplikasi setelah tes dilakukan untuk melakukan merge code antara development dan production.
Wewenang
1. Analisis dan Perancangan Sistem – Berwenang dalam menganalisis kebutuhan bisnis, merancang arsitektur sistem, serta mengembangkan solusi teknologi informasi untuk mendukung proses operasional organisasi
2. Koordinasi dengan Tim Pengembang dan Pemangku Kepentingan – Memiliki otoritas dalam berkomunikasi dengan pengguna, tim pengembang, dan manajemen guna memastikan sistem yang dikembangkan sesuai kebutuhan
3. Evaluasi dan Optimasi Kinerja Sistem – Bertanggung jawab dalam melakukan pengujian sistem, analisis performa, serta memberikan rekomendasi peningkatan dan perbaikan sistem informasi
4. Dokumentasi dan Standarisasi Proses – Berwenang dalam membuat dokumentasi sistem, diagram alur kerja, serta standar pengembangan dan implementasi sistem TI
5. Pelaporan dan Rekomendasi Strategis – Menyusun laporan berkala terkait efektivitas sistem, hasil analisis kebutuhan, serta strategi pengembangan sistem TI di masa depan untuk mendukung keputusan manajemen
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Direktorat Dan Fakultas
1 . Pengembangan, Perubahan Aplikasi Dan Permintaan Data/API
2 . Penyusunan Rencana Pengembangan
3 . Analisis Terhadap Proses Bisnis
Eksternal Dalam Hal
1 . Pihak Ekternal Atas Sepertujuan Dari Pimpinan
1 . Pengembangan Aplikasi Dan Permintaan Data/API
2 . Penyusunan Rencana Pengembangan IT
2 . YPT
1 . Pengembangan Aplikasi Dan Permintaan Data/API
2 . Penyusunan Rencana Pengembangan IT
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Ketersediaan anggaran dan sumber daya manusia
2. Permintaan pengembangan aplikasi (penambahan atau perubahan) dalam satu kurun waktu bersamaan
3. Komunikasi tim dalam pendistribusian hasil analisa
Indikator Keberhasilan 1. Persen request terkait aplikasi diterima, disetujui, dan terpenuhi dengan persentase 80%
2. Persen entities dengan data redundancies dalam rangka rancangan database (teknis) dengan persentase 0%
3. Kilo Lines of Code per individu per Month sebesar 2 KLOC/month-ind
4. Persen data master yang tercover pada proyek penyatuan TUNC Surabaya dan Purwokerto dengan persentase 80%
5. Kerjasama pengembangan layanan sejumlah 1
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1IT Requirement Management3Mampu mengaplikasikan konsep IT Requirement Management (memahami kebutuhan pelanggan untuk mengembangkan kebutuhan fungsional dan non fungsional untuk layanan baru atau diubah).
2Digitization3Mampu menjalankan prosedur Digitization yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur Digitization dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur Digitization.
3Release Management3Mampu menjalankan prosedur Release Management yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur Release Management dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur Release Management.
4Prototyping3Mampu menjalankan prosedur Prototyping yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur Prototyping dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur Prototyping.
5User Experience3Mampu menjalankan prosedur User Experience yang sudah ditetapkan, mampu menginisiasi, mampu menilai efektivitas prosedur User Experience dan mampu memberikan masukan terhadap perbaikan atau perubahan prosedur User Experience.
STRUKTUR ORGANISASI