DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
219/AJ-TELU/VII/FIF.4/2023 0
Direktorat/Fakultas Fakultas Informatika
Bagian/Prodi Program Studi FIF
Urusan
Jabatan Sekretaris
Kelompok Bidang 1. Academic Administration
2. Education
Atasan Langsung 1. Ketua Program Studi FIF.
Bawahan Langsung 1. Staf Program Studi FIF.
Ikhtisar Jabatan Menyiapkan Pelaksanaan Seluruh Program Kerja Di Program Studi.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam menyiapkan pelaksanaan seluruh program kerja di program studi sehingga dapat mencapai visi dan misi program studi.
Uraian Tugas
1. Menyiapkan pelaksanaan program kerja program studi;
2. Menyiapkan penyusunan dan pelaksanaan evaluasi kurikulum program studi;
3. Menyiapkan perumusan target kualitas proses belajar mengajar pada program studi;
4. Menyiapkan pelaksanaan rekrutasi dan pengelolaan dosen luar biasa pada program studi, berkoordinasi dengan Ketua Kelompok Keahlian (KK);
5. Menyiapkan program-program internasionalisasi dalam bidang pengajaran;
6. Menyiapkan program-program pengembangan potensi entrepreneurship dari mahasiswa melalui pengembangan kurikulum dan proses pengajaran;
7. Menyiapkan pelaksanaan pembinaan serta evaluasi kinerja dosen dan tenaga kependidikan terkait; dan
8. Menyiapkan pengelolaan mutu program studi.
Wewenang
1. Berwenang dalam merencanakan dan menyusun jadwal program kerja program studi sesuai dengan arahan dan kebijakan Ketua Program Studi.
2. Berwenang dalam koordinasi penyusunan kurikulum program studi dengan Ketua Program Studi, dosen, dan pihak terkait untuk memastikan kesesuaian dengan standar akademik dan kebutuhan industri.
3. Berwenang dalam rekrutmen dosen luar biasa dan berkoordinasi dengan bagian Pelayanan SDM, SDM Fakultas, Ketua Program Studi, dan Ketua Kelompok Keilmuan dalam proses rekrutmen.
4. Berwenang dalam pengembangan kurikulum serta metode pembelajaran bagi mahasiswa.
5. Berwenang dalam pengimplementasian strategi pengelolaan mutu program studi berdasarkan standar akreditasi dan kebijakan institusi serta memastikan kepatuhan terhadap regulasi akademik.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Mahasiswa
1 . Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Dan Non Akademik.
2 . Koordinasi Kurikulum, Silabus, Pengajaran, Dan Ujian.
3 . Koordinasi Akademik.
4 . Koordinasi Pemeliharaan Dan Investasi Serta Kebutuhan Keuangan.
5 . Kerjasama Dan Kebutuhan Terkait.
2 . Dosen
1 . Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Dan Non Akademik.
2 . Koordinasi Kurikulum, Silabus, Pengajaran, Dan Ujian.
3 . Koordinasi Akademik.
4 . Koordinasi Pemeliharaan Dan Investasi Serta Kebutuhan Keuangan.
5 . Kerjasama Dan Kebutuhan Terkait.
3 . Wadek I Beserta LAAK
1 . Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Dan Non Akademik.
2 . Koordinasi Kurikulum, Silabus, Pengajaran, Dan Ujian.
3 . Koordinasi Akademik.
4 . Koordinasi Pemeliharaan Dan Investasi Serta Kebutuhan Keuangan.
5 . Kerjasama Dan Kebutuhan Terkait.
4 . Wadek II Beserta Kaur Sumber Daya
1 . Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Dan Non Akademik.
2 . Koordinasi Kurikulum, Silabus, Pengajaran, Dan Ujian.
3 . Koordinasi Akademik.
4 . Koordinasi Pemeliharaan Dan Investasi Serta Kebutuhan Keuangan.
5 . Kerjasama Dan Kebutuhan Terkait.
5 . Direktorat
1 . Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Dan Non Akademik.
2 . Koordinasi Kurikulum, Silabus, Pengajaran, Dan Ujian.
3 . Koordinasi Akademik.
4 . Koordinasi Pemeliharaan Dan Investasi Serta Kebutuhan Keuangan.
5 . Kerjasama Dan Kebutuhan Terkait.
Eksternal Dalam Hal
1 . Dosen LB
1 . Koordinasi Pengajaran.
2 . Hal-hal Yang Berhubungan Dengan Permasalahan Mahasiswa.
3 . Kerjasama Tempat Magang Mahasiswa.
2 . Orang Tua Mahasiswa
1 . Koordinasi Pengajaran.
2 . Hal-hal Yang Berhubungan Dengan Permasalahan Mahasiswa.
3 . Kerjasama Tempat Magang Mahasiswa.
3 . Perusahaan Tempat Mahasiswa Magang
1 . Koordinasi Pengajaran.
2 . Hal-hal Yang Berhubungan Dengan Permasalahan Mahasiswa.
3 . Kerjasama Tempat Magang Mahasiswa.
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Komplain dari industri, orang tua, mahasiswa dan dosen.
2. Keterbatasan sumber daya dalam menjalankan program kerja program studi.
3. Variasi kompetensi dosen yang berpengaruh pada keseragaman kualitas pengajaran.
4. Tantangan dalam internasionalisasi program studi baik dalam hal regulasi maupun SDM nya.
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Teaching Plan4Mampu melakukan analisis terhadap Teaching Plan, termasuk formulasi tujuan pembelajaran, penyusunan silabus, penyusunan bahan ajar, serta pemilihan sumber pembelajaran dan medianya sesuai dengan materi & strategi pembelajaran.
2Syllabus Development4Mampu melakukan analisis terhadap pengelolaan Syllabus Development terkait penyusunan dan pengembangan rencana pembelajaran pada satu atau kelompok mata pelajaran/ tema tertentu yang mencakup perumusan standar kompetensi dan kompetensi dasar, penentuan materi pokok pembelajaran, pemilihan strategi dan pengalaman pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, menentukan alokasi waktu dan sumber/ bahan belajar.
3Recruitment & Selection3Mampu mengaplikasikan sistem Recruitment & Selection dalam kaitannya dengan pemilihan sourcing channels yang tepat untuk menarik kandidat karyawan dan penggunaan peralatan dan teknik sourcing dan wawancara untuk memilih dan membuat penawaran yang tepat untuk calon karyawan dalam waktu yang ditetapkan.
4Strategy and Policy Management4Mampu melakukan analisis terhadap Strategy and Policy Management dalam konteks pendidikan, termasuk pembuatan peta dan formulasi strategi pengembangan serta analisa lingkungan internal dan eksternal.
5Regulation, Standardization (Accreditation Management)4Mampu melakukan analisis terhadap Regulation, Standardization (Accreditation) Management terkait perencanaan lembaga pendidikan yang terkait untuk pemenuhan standar akreditasi yang telah ditetapkan.
STRUKTUR ORGANISASI