DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
178/AJ-TELU/III/KMHS.4/2023 0
Direktorat/Fakultas Kemahasiswaan, Pengembangan Karier, Dan Alumni
Bagian/Prodi Pengembangan Karakter Dan Kesejahteraan Mahasiswa
Urusan Pengembangan Karakter Dan Konseling
Jabatan Kepala Urusan
Kelompok Bidang 1. Academic Administration
2. Education
3. Student Life
Atasan Langsung 1. Kepala Bagian Pengembangan Karakter Dan Kesejahteraan Mahasiswa.
Bawahan Langsung 1. staf Pengembangan Karakter Dan Konseling.
Ikhtisar Jabatan Melakukan Kegiatan Pengembangan Karakter Dan Konseling Bagi Mahasiswa Universitas Telkom.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam melakukan program pengembangan karakter dan konseling sehingga dapat membantu mahasiswa mengembangkan dirinya secara optimal.
Uraian Tugas
1. Melakukan rencana implementasi, monitoring, dan evaluasi program kerja;
2. Melakukan program pengembangan karakter dan kemitrausahaan; dan
3. Melakukan program bimbingan dan konseling.
Wewenang
1. Berwenang merancang dan mengarahkan pengembangan program pengembangan karakter sesuai dengan kebijakan universitas.
2. Berwenang mengelola dan mengkoordinasi pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling bagi mahasiswa.
3. Berwenang memberikan rekomendasi perbaikan atau pengembangan lebih lanjut terhadap program yang dilaksanakan.
4. Berwenang mengadakan pelatihan atau workshop bagi pengelola program.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Fakultas Dan Program Studi
1 . Semua Kegiatan Yang Dilaksanakan Oleh Urusan Pengembangan Karakter Dan Konseling.
2 . Peminjaman Ruangan, Pemeliharaan Ruangan, Dan Fasilitas Ruangan.
3 . Terkait Anggaran.
4 . Penyediaan Aplikasi Pendukung Kegiatan Di Urusan Pengembangan Karakter Dan Konseling.
2 . Direktorat Aset Dan Sustainability
1 . Semua Kegiatan Yang Dilaksanakan Oleh Urusan Pengembangan Karakter Dan Konseling.
2 . Peminjaman Ruangan, Pemeliharaan Ruangan, Dan Fasilitas Ruangan.
3 . Terkait Anggaran.
4 . Penyediaan Aplikasi Pendukung Kegiatan Di Urusan Pengembangan Karakter Dan Konseling.
3 . Direktorat Keuangan
1 . Semua Kegiatan Yang Dilaksanakan Oleh Urusan Pengembangan Karakter Dan Konseling.
2 . Peminjaman Ruangan, Pemeliharaan Ruangan, Dan Fasilitas Ruangan.
3 . Terkait Anggaran.
4 . Penyediaan Aplikasi Pendukung Kegiatan Di Urusan Pengembangan Karakter Dan Konseling.
4 . Direktorat Pusat Teknologi Informasi
1 . Semua Kegiatan Yang Dilaksanakan Oleh Urusan Pengembangan Karakter Dan Konseling.
2 . Peminjaman Ruangan, Pemeliharaan Ruangan, Dan Fasilitas Ruangan.
3 . Terkait Anggaran.
4 . Penyediaan Aplikasi Pendukung Kegiatan Di Urusan Pengembangan Karakter Dan Konseling.
Eksternal Dalam Hal
1 . Universitas Lain
1 . Studi Banding.
2 . Konsultan Psikologi.
3 . Penyiapan Data Pendukung.
2 . Organisasi Keprofessian
1 . Studi Banding.
2 . Konsultan Psikologi.
3 . Penyiapan Data Pendukung.
3 . Badan Akreditasi Nasional Dan Internasional
1 . Studi Banding.
2 . Konsultan Psikologi.
3 . Penyiapan Data Pendukung.
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Konteks yang terus berubah dalam merancang program pengembangan karakter dan konseling.
2. Keterbatasan sumber daya yang berkompeten dalam pengembangan karakter dan konseling.
3. Kurangnya partisipasi dan kesadaran mahasiswa dalam mengikuti program pengembangan karakter dan konseling.
4. Mahasiswa yang menghadapi masalah psikologis atau emosional mungkin merasa enggan atau takut mencari bantuan konseling.
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Corporate Event Management3Mampu memilih dan menerapkan proses pengelolaan dokumen sesuai standar dan prosedur yang berlaku.
2Community Relations3Mampu menyusun perencanaan, implementasi program pengelolaan dan hubungan dengan berbagai komunitas dalam upaya meningkatkan reputasi perusahaan, serta melakukan evaluasi dan melaporkan hasil evaluasi implementasi program.
3Social Media Management3Mempunyai kemampuan memilih dan menerapkan pesan komunikasi melalui media sosial yang tepat.
4Preventive Healthcare3Mampu mengimplementasikan konsep aktivitas pencegahan atau konsep dalam layanan kesehatan dan mengimplementasikan upaya preventive healthcare.
5Strategy and Policy Management3Mampu melaksanakan pengelolaan Strategy and Policy Management dalam konteks pendidikan, termasuk pembuatan peta dan formulasi strategi pengembangan serta analisa lingkungan internal dan eksternal.
6Communication Skill4Mampu melakukan analisis terhadap kegiatan komunikasi antara pendidik dan peserta didik sehingga dapat membangun Effective Communication dalam bentuk komunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik dan bersikap antusias dan positif dan mampu memberikan respon yang lengkap dan relevan kepada komentar atau pertanyaan peserta didik.
STRUKTUR ORGANISASI