DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
130/AJ-TELU/0/PUTI.4/2023 0
Direktorat/Fakultas Pusat Teknologi Informasi
Bagian/Prodi Pengembangan Produk TI
Urusan Pengembangan Produk TI Non-Akademik
Jabatan Kepala Urusan
Kelompok Bidang 1. Information Technology
Atasan Langsung 1. Kepala Bagian Pengembangan Produk TI.
Bawahan Langsung 1. System Analyst Pengembangan Produk TI Non-Akademik.
2. Front-End Programmer Pengembangan Produk TI Non-Akademik.
3. Back-End Programmer Pengembangan Produk TI Non-Akademik.
4. Quality Assurance Pengembangan Produk TI Non-Akademik.
5. Technical Writer Pengembangan Produk TI Non-Akademik.
6. Database Management Pengembangan Produk TI Non-Akademik.
Ikhtisar Jabatan Membuat Produk Aplikasi Teknologi Informasi Serta Melakukan Pengembangan System Upgrade Produk TI Non-akademik.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam membuat produk aplikasi teknologi informasi serta pengembangan system upgrade produk TI non-akademik sehingga pengimplementasian produk TI tidak hanya di lingkup akademik.
Uraian Tugas
1. Membuat produk aplikasi Teknologi Informasi untuk produk TI non-akademik;
2. Melakukan pengembangan atau system upgrade produk TI non-akademik; dan
3. Melakukan data warehouse universitas, sebagai data source untuk dashboard universitas.
Wewenang
1. Pengelolaan dan Pengembangan Produk TI Non-Akademik – Berwenang dalam merancang, mengembangkan, dan memastikan implementasi sistem informasi non-akademik, seperti layanan administrasi, keuangan, SDM, dan manajemen aset
2. Analisis Kebutuhan dan Optimalisasi Sistem – Memiliki otoritas dalam menganalisis kebutuhan pengguna, mengevaluasi efektivitas sistem yang ada, serta mengusulkan inovasi berbasis teknologi untuk meningkatkan efisiensi layanan
3. Koordinasi dengan Unit Bisnis dan Pengguna – Bertanggung jawab dalam berkolaborasi dengan berbagai unit non-akademik, memahami kebutuhan operasional, serta memastikan solusi TI sesuai dengan standar institusi
4. Pengawasan Keamanan dan Kepatuhan Sistem – Berwenang dalam memastikan bahwa sistem TI non-akademik memenuhi standar keamanan data, regulasi institusi, dan praktik terbaik dalam pengelolaan informasi
5. Evaluasi dan Pelaporan Kinerja Sistem – Menyusun laporan berkala terkait pengembangan, efektivitas, dan kendala sistem TI non-akademik, serta memberikan rekomendasi strategis kepada manajemen TI untuk peningkatan lebih lanjut
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Direktorat Dan Fakultas
1 . Pengembangan, Perubahan Aplikasi Dan Permintaan Data/API
2 . Penyusunan Rencana Pengembangan
3 . Pengaturan Dan Koordinasi Resource
Eksternal Dalam Hal
1 . Pihak Ekternal Atas Sepertujuan Dari Pimpinan
1 . Pengembangan Aplikasi Dan Permintaan Data/API
2 . Penyusunan Rencana Pengembangan IT
2 . YPT
1 . Pengembangan Aplikasi Dan Permintaan Data/API
2 . Penyusunan Rencana Pengembangan IT
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Ketersediaan anggaran dan sumber daya manusia
2. Permintaan pengembangan aplikasi (penambahan atau perubahan) dalam satu kurun waktu bersamaan
Indikator Keberhasilan 1. Persen request terkait aplikasi diterima, disetujui, dan terpenuhi dengan persentase 80%
2. Persen entities dengan data redundancies dalam rangka rancangan database (teknis) dengan persentase 0%
3. Kilo Lines of Code per individu per Month sebesar 2 KLOC/month-ind
4. Persen data master yang tercover pada proyek penyatuan TUNC Surabaya dan Purwokerto dengan persentase 80%
5. Kerjasam pengembangan layanan sejumlah 1
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Product & Solution Design4Mampu mengimplementasikan konsep Solution Design walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi Solution Design.
2Solution Development4Mampu mengimplementasikan konsep Solution Development walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi Solution Development.
3DEVOPS4Mampu mengimplementasikan konsep DevOps walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi DevOps.
4Digitization4Mampu mengimplementasikan konsep Digitization walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi Digitization.
5Release Management4Mampu mengimplementasi konsep Release Management walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi Release Management.
6Partnership Management & Governance4Mampu mengimplementasikan konsep Partnership Management walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi Partnership Management.
STRUKTUR ORGANISASI