DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
130/AJ-TELU/0/PUTI.4/2023 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Pusat Teknologi Informasi | ||
Bagian/Prodi | Pengembangan Produk TI | ||
Urusan | Pengembangan Produk TI Non-Akademik | ||
Jabatan | Kepala Urusan | ||
Kelompok Bidang | 1. Information Technology |
||
Atasan Langsung |
1. Kepala Bagian Pengembangan Produk TI. |
||
Bawahan Langsung |
1. System Analyst Pengembangan Produk TI Non-Akademik. 2. Front-End Programmer Pengembangan Produk TI Non-Akademik. 3. Back-End Programmer Pengembangan Produk TI Non-Akademik. 4. Quality Assurance Pengembangan Produk TI Non-Akademik. 5. Technical Writer Pengembangan Produk TI Non-Akademik. 6. Database Management Pengembangan Produk TI Non-Akademik. |
||
Ikhtisar Jabatan | Membuat Produk Aplikasi Teknologi Informasi Serta Melakukan Pengembangan System Upgrade Produk TI Non-akademik. | ||
Tujuan dan Tanggung Jawab |
1. Bertanggung jawab dalam membuat produk aplikasi teknologi informasi serta pengembangan system upgrade produk TI non-akademik sehingga pengimplementasian produk TI tidak hanya di lingkup akademik. |
||
Uraian Tugas |
1. Membuat produk aplikasi Teknologi Informasi untuk produk TI non-akademik; 2. Melakukan pengembangan atau system upgrade produk TI non-akademik; dan 3. Melakukan data warehouse universitas, sebagai data source untuk dashboard universitas. |
||
Wewenang |
1. Pengelolaan dan Pengembangan Produk TI Non-Akademik – Berwenang dalam merancang, mengembangkan, dan memastikan implementasi sistem informasi non-akademik, seperti layanan administrasi, keuangan, SDM, dan manajemen aset 2. Analisis Kebutuhan dan Optimalisasi Sistem – Memiliki otoritas dalam menganalisis kebutuhan pengguna, mengevaluasi efektivitas sistem yang ada, serta mengusulkan inovasi berbasis teknologi untuk meningkatkan efisiensi layanan 3. Koordinasi dengan Unit Bisnis dan Pengguna – Bertanggung jawab dalam berkolaborasi dengan berbagai unit non-akademik, memahami kebutuhan operasional, serta memastikan solusi TI sesuai dengan standar institusi 4. Pengawasan Keamanan dan Kepatuhan Sistem – Berwenang dalam memastikan bahwa sistem TI non-akademik memenuhi standar keamanan data, regulasi institusi, dan praktik terbaik dalam pengelolaan informasi 5. Evaluasi dan Pelaporan Kinerja Sistem – Menyusun laporan berkala terkait pengembangan, efektivitas, dan kendala sistem TI non-akademik, serta memberikan rekomendasi strategis kepada manajemen TI untuk peningkatan lebih lanjut |
||
Hubungan Kerja | Internal | Dalam Hal | |
1 . Direktorat Dan Fakultas | 1 . Pengembangan, Perubahan Aplikasi Dan Permintaan Data/API 2 . Penyusunan Rencana Pengembangan 3 . Pengaturan Dan Koordinasi Resource | ||
Eksternal | Dalam Hal | ||
1 . Pihak Ekternal Atas Sepertujuan Dari Pimpinan | 1 . Pengembangan Aplikasi Dan Permintaan Data/API 2 . Penyusunan Rencana Pengembangan IT | ||
2 . YPT | 1 . Pengembangan Aplikasi Dan Permintaan Data/API 2 . Penyusunan Rencana Pengembangan IT | ||
Masalah dan Tantangan Kerja |
1. Ketersediaan anggaran dan sumber daya manusia 2. Permintaan pengembangan aplikasi (penambahan atau perubahan) dalam satu kurun waktu bersamaan |
||
Indikator Keberhasilan |
1. Persen request terkait aplikasi diterima, disetujui, dan terpenuhi dengan persentase 80% 2. Persen entities dengan data redundancies dalam rangka rancangan database (teknis) dengan persentase 0% 3. Kilo Lines of Code per individu per Month sebesar 2 KLOC/month-ind 4. Persen data master yang tercover pada proyek penyatuan TUNC Surabaya dan Purwokerto dengan persentase 80% 5. Kerjasam pengembangan layanan sejumlah 1 |
||
No | Sub-Sub Kompetensi | Proficiency Level (PL) | Key Indicator |
1 | Product & Solution Design | 4 | Mampu mengimplementasikan konsep Solution Design walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi Solution Design. |
2 | Solution Development | 4 | Mampu mengimplementasikan konsep Solution Development walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi Solution Development. |
3 | DEVOPS | 4 | Mampu mengimplementasikan konsep DevOps walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi DevOps. |
4 | Digitization | 4 | Mampu mengimplementasikan konsep Digitization walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi Digitization. |
5 | Release Management | 4 | Mampu mengimplementasi konsep Release Management walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi Release Management. |
6 | Partnership Management & Governance | 4 | Mampu mengimplementasikan konsep Partnership Management walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi Partnership Management. |
Spesifikasi Jabatan | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
