DESKRIPSI JABATAN
(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI | |||
---|---|---|---|
Kode | Revisi | Tanggal Pengesahan | |
125/AJ-TELU/0/PUTI.4/2023 | 0 | ||
Direktorat/Fakultas | Pusat Teknologi Informasi | ||
Bagian/Prodi | Riset Dan Layanan TI | ||
Urusan | Layanan Pengguna | ||
Jabatan | Kepala Urusan | ||
Kelompok Bidang | 1. Information Technology |
||
Atasan Langsung |
1. Kepala Bagian Riset Dan Layanan TI. |
||
Bawahan Langsung |
1. Staf Service Desk Layanan Pengguna. 2. Staf Problem Management Layanan Pengguna. |
||
Ikhtisar Jabatan | Menyiapkan Seluruh Proses Layanan Di Direktorat Pusat Teknologi Informasi. | ||
Tujuan dan Tanggung Jawab |
1. Bertanggung jawab dalam persiapan seluruh proses layanan sehingga dapat mempermudah komunikasi baik internal maupun eksternal di Direktorat Pusat Teknologi Informasi. |
||
Uraian Tugas |
1. Menyiapkan seluruh proses layanan one-gate-service untuk seluruh layanan Direktorat Pusat Teknologi Informasi; dan 2. Menyiapkan proses penjalinan komunikasi dengan user. |
||
Wewenang |
1. Manajemen Layanan Pengguna – Berwenang dalam mengelola, mengawasi, dan meningkatkan layanan dukungan pengguna terkait teknologi informasi, termasuk helpdesk dan troubleshooting. 2. Koordinasi dan Pengembangan Sistem Dukungan – Memiliki otoritas dalam mengembangkan sistem layanan pengguna, termasuk prosedur respons insiden, eskalasi tiket layanan, dan peningkatan kualitas layanan. 3. Evaluasi Kinerja Layanan TI – Bertanggung jawab dalam melakukan analisis kepuasan pengguna, mengidentifikasi kendala layanan, serta mengusulkan perbaikan dan inovasi dalam dukungan teknologi informasi. 4. Pengelolaan Komunikasi dengan Pengguna – Berwenang dalam membangun komunikasi efektif dengan pengguna internal dan eksternal, memberikan informasi terkait kebijakan, perubahan sistem, serta edukasi penggunaan layanan TI. 5. Pelaporan dan Rekomendasi Perbaikan – Menyusun laporan berkala terkait kinerja layanan pengguna, efektivitas sistem dukungan, serta rekomendasi perbaikan kepada Direktur Pusat Teknologi Informasi. |
||
Hubungan Kerja | Internal | Dalam Hal | |
1 . Eksekutor | 1 . Permohonan Approval 2 . Komunikasi Eskalasi Tiket Dan Penyelesaian Tiket, Resolusi Tiket Sampai Pada Tiket Close | ||
Eksternal | Dalam Hal | ||
1 . Mahasiswa | 1 . Penyelesaian Komplain Akademik 2 . Penyelesaian Komplain Akademik 3 . Penyelesaian Komplain Akademik Dan Non Akademik Serta Infrastruktur 4 . Penyelesian Komplain Akademik/non Akademik, Infrastruktur Dan Layanan IT Lainnya | ||
2 . Orangtua Mahasiswa | 1 . Penyelesaian Komplain Akademik 2 . Penyelesaian Komplain Akademik 3 . Penyelesaian Komplain Akademik Dan Non Akademik Serta Infrastruktur 4 . Penyelesian Komplain Akademik/non Akademik, Infrastruktur Dan Layanan IT Lainnya | ||
3 . Dosen Dan Pegawai | 1 . Penyelesaian Komplain Akademik 2 . Penyelesaian Komplain Akademik 3 . Penyelesaian Komplain Akademik Dan Non Akademik Serta Infrastruktur 4 . Penyelesian Komplain Akademik/non Akademik, Infrastruktur Dan Layanan IT Lainnya | ||
4 . Direktorat Dan Fakultas | 1 . Penyelesaian Komplain Akademik 2 . Penyelesaian Komplain Akademik 3 . Penyelesaian Komplain Akademik Dan Non Akademik Serta Infrastruktur 4 . Penyelesian Komplain Akademik/non Akademik, Infrastruktur Dan Layanan IT Lainnya | ||
Masalah dan Tantangan Kerja |
1. Menangani Komplain yang datang langsung dengan emosi, menjabarkan komplain kepada user yang minim pengetahuan IT dan transferknowledge dari eksekutor untuk penanganan awal komplain. |
||
Indikator Keberhasilan |
1. Pemenuhan layanan user education dengan jumlah 4 2. Sertifikasi ISO 27001 terlaksana 3. Surveillance ISO 20000 dengan jumlah 1 4. Audit internal ISO 21000, 20000, dan 27001 jumlah 2 5. Video baru di 2024 untuk user education layanan TI dengan jumlah 1 6. Persen teknologi (aplikasi dll) yang didaftarkan HKI di 2024 dengan persentase 30% |
||
No | Sub-Sub Kompetensi | Proficiency Level (PL) | Key Indicator |
1 | Service Development | 4 | Mampu menganalisis keseluruhan proses dari desain, development, testing, dan dokumentasi dalam rangkaian kegiatan service development sesuai standar yang disepakati. |
2 | Problem Management | 4 | Mampu menganalsis konsep problem management (meminimalisir dampak dari insiden yang tidak dapat dicegah). |
3 | Incident Recovery | 4 | Mampu mengoptimalkan fungsi incident recovery sehingga lebih kualitas layanan dan performansi yang efektif dan efisien. |
4 | Customer Care Enabler | 4 | Mampu mengimplementasikan konsep customer care enabler walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi customer care. |
5 | Customer Experience Management Enabler | 4 | Mampu mengimplementasikan konsep customer experience management walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi customer experience management. |
Spesifikasi Jabatan | |||
STRUKTUR ORGANISASI |
