DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
057/AJ-TELU/0/PUTI.3/2023 0
Direktorat/Fakultas Pusat Teknologi Informasi
Bagian/Prodi Pengembangan Produk TI
Urusan
Jabatan Kepala Bagian
Kelompok Bidang 1. Information Technology
Atasan Langsung 1. Direktur Pusat Teknologi Informasi.
Bawahan Langsung 1. Kepala Urusan Pengembangan Produk TI Non-Akademik.
2. Kepala Urusan Pengembangan Produk TI Akademik.
3. Kepala Urusan Pengembangan TI Strategis.
Ikhtisar Jabatan Mengelola, Mengoordinir Dan Mengembangkan Resource Dalam Proses Pengembangan Sistem Atau Aplikasi.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam pengelolaan produk aplikasi Teknologi Informasi serta system upgrade produk TI non-akademik sehingga pengimplementasian produk TI tidak hanya di lingkup akademik.
2. Bertanggung jawab dalam pengelolaan produk aplikasi Teknologi Informasi serta system upgrade produk TI akademik sehingga dapat memaksimalkan produk TI dalam perkuliahan.
3. Bertanggung jawab dalam pengelolaan seluruh resource dalam proses pengembangan sistem atau aplikasi sehingga dapat mendukung kelancaran teknologi informasi di Universitas Telkom.
Uraian Tugas
1. Mengembangkan dan memelihara seluruh produk aplikasi Teknologi Informasi;
2. Menganalisa permintaan sistem atau aplikasi yang masuk;
3. Mengoordinir pengembangan atau system upgrade;
4. Mengalokasikan resource yang diperlukan untuk pengembangan suatu sistem atau aplikasi;
5. Resource terdiri dari front-end programmer, back-end programmer, quality assurance, dan technical writer;
6. Menjaga integritas seluruh database yang dimiliki oleh universitas;
7. Mengelola data warehouse universitas, sebagai data source untuk dashboard universitas;
8. Membuat laporan kegiatan dan performansi secara berkala kepada Direktur Pusat Teknologi Informasi.
9. Menjadi resource pool, yang mengelola seluruh resource internal dalam proses pengembangan sistem atau aplikasi;
Wewenang
1. Pengelolaan dan Pengembangan Produk TI – Berwenang dalam merancang, mengembangkan, dan memelihara seluruh produk aplikasi teknologi informasi, termasuk analisis kebutuhan dan peningkatan sistem
2. Koordinasi Pengembangan dan Upgrade Sistem – Memiliki otoritas dalam mengkoordinasikan pengembangan sistem, alokasi sumber daya, serta perencanaan system upgrade untuk memastikan kinerja optimal
3. Manajemen Sumber Daya TI – Bertanggung jawab dalam mengalokasikan dan mengelola resource pengembangan TI, termasuk programmer, Quality Assurance, dan Technical Writer, guna mendukung proyek aplikasi dan sistem
4. Pengelolaan Database dan Data Warehouse – Berwenang dalam menjaga integritas database Universitas serta mengelola data warehouse sebagai sumber utama dashboard dan analitik data institusi
5. Evaluasi dan Pelaporan Kinerja TI – Bertanggung jawab dalam memantau performa sistem, melakukan evaluasi produk TI, serta menyusun laporan perkembangan dan performa produk kepada Direktur Pusat Teknologi Informasi
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Direktorat Dan Fakultas
1 . Pengembangan Sistem Dan Teknologi Informasi
2 . Pengelolaan Permintaan Data
3 . Penyusunan Rencana Pengembangan
Eksternal Dalam Hal
1 . Pihak Ekternal Atas Sepertujuan Dari Pimpinan
1 . Pengembangan Aplikasi Dan Data
2 . Penyusunan Rencana Pengembangan IT
2 . YPT
1 . Pengembangan Aplikasi Dan Data
2 . Penyusunan Rencana Pengembangan IT
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Pengembangan aplikasi non-akademik perlu ada pemisahan urusan setingkat kaur per bidang (bidang 2, bidang 3, bidang 4)
2. Formasi saat ini banyak diisi oleh TLH yang turn over-nya tinggi sehingga sulit untuk menjamin kontinuitas pengembangan. Idealnya, formasi diisi oleh minimal tenaga profesional
Indikator Keberhasilan 1. Persen request terkait aplikasi diterima, disetujui, dan terpenuhi dengan persentase 80%
2. Persen entities dengan data redundancies dalam rangka rancangan database (teknis) dengan persentase 0%
3. Kilo Lines of Code per individu per Month sebesar 2 KLOC/month-ind
4. Persen data master yang tercover pada proyek penyatuan TUNC Surabaya dan Purwokerto dengan persentase 80%
5. Kerjasam pengembangan layanan sejumlah 1
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Program/Project Management5Mampu mengembangkan metodologi organisasi yang standar dan ketat, dengan penerapan pengetahuan, keterampilan, alat dan teknik yang relevan untuk memastikan bahwa program dan proyek dikelola secara efektif.
2Product & Solution Design5Mampu merancang model implementasi konsep Solution Design, baik itu modifikasi prosedur ataupun merancang prosedur baru terkait Solution Design.
3Solution Development4Mampu mengimplementasikan konsep Solution Development walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi Solution Development.
4DEVOPS5Mampu merancang model implementasi DevOps, baik itu modifikasi prosedur ataupun merancang prosedur baru terkait DevOps.
5Digitization5Mampu merancang model implementasi konsep Digitization, baik itu modifikasi prosedur ataupun merancang prosedur baru terkait Digitization.
6Innovation Management4Mampu mengimplementasikan konsep Innovation Management walaupun belum ada prosedur yang ditetapkan, mampu memberikan masukan untuk desain prosedur implementasi Innovation Management.
STRUKTUR ORGANISASI