DESKRIPSI JABATAN

(JOB DESCRIPTION)

IDENTIFIKASI
Kode Revisi Tanggal Pengesahan
012/AJ-TELU/II/SDM.2/2023 0
Direktorat/Fakultas Sumber Daya Manusia
Bagian/Prodi
Urusan
Jabatan Direktur Sumber Daya Manusia
Kelompok Bidang 1. Human Resource
Atasan Langsung 1. Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Universitas Telkom.
Bawahan Langsung 1. Kepala Bagian Pengembangan SDM.
2. Kepala Bagian Pelayanan SDM.
3. Kepala Bagian Perencanaan, Budaya, Dan Performansi.
Ikhtisar Jabatan Mengelola Strategi Dan Kebijakan Perencanaan, Pelaksanaan, Monitoring Dan Evaluasi Pengembangan SDM, Dan Operasional SDM.
Tujuan dan Tanggung Jawab
1. Bertanggung jawab dalam menetapkan perencanaan dan pelaksanaan studi lanjut dosen dan pengembangan karir pegawai dalam rangka mendukung pengembangan institusi.
2. Bertanggung jawab dalam perencanaan kegiatan operasional pelayanan Sumber Daya Manusia yang meliputi kegiatan seleksi, rekrutmen, kompensasi, dan benefit berdasarkan RENSTRA di Bidang Sumber Daya.
3. Bertanggung jawab dalam menetapkan perencanaan, budaya, dan performansi pegawai berdasarkan RENSTRA di Bidang Sumber Daya.
Uraian Tugas
1. Menjamin tersedianya perencanaan strategis dan kebijakan terkait pengelolaan, pengembangan, pelayanan, perencanaan, budaya dan performansi SDM;
2. Berkoordinasi dengan unit terkait dalam hal kegiatan pengembangan, pelayanan, perencanaan, budaya dan performansi SDM;
3. Menentukan target dan evaluasi pelaksanaan kegiatan di Direktorat SDM;
4. Mengelola dan memelihara sumber daya manusia di Direktorat SDM;
5. Melakukan perencanaan, pembinaan dan penilaian performansi pegawai di Direktorat SDM;
6. Melakukan koordinasi dengan Wakil Dekan Bidang Keuangan, Sumber Daya, dan Kemahasiswaan, Direktorat Keuangan dan pihak-pihak terkait lainnya dalam menunjang pelaksanaan kegiatan Sumber Daya Manusia;
7. Membuat Laporan kegiatan dan performansi secara berkala kepada Wakil Rektor Bidang Sumber Daya; dan
8. Merumuskan analisis jabatan dan deskripsi kerja untuk setiap jabatan.
Wewenang
1. Berwenang memutuskan, menetapkan, dan mengimplementasi perencanaan strategis terkait pengelolaan, pengembangan, pelayanan, budaya, serta perencanaan dan performansi SDM.
2. Berwenang melakukan koordinasi dengan Direktorat dan Fakultas terkait pengembangan, pelayanan, dan performansi SDM.
3. Berwenang menentukan target dan evaluasi untuk pelaksanaan kegiatan di Direktorat SDM, seperti rekrut Dosen/TPA, realisasi sertifikasi dan kompetensi bagi Dosen/TPA, dan penilaian performansi Dosen/TPA di Universitas Telkom.
4. Berwenang menetapkan program pelatihan dan pengembangan bagi pegawai di Direktorat SDM.
5. Berwenang menetapkan uraian pekerjaan untuk setiap jabatan.
6. Berwenang mengambil keputusan penting dalam hal pengembangan karir Dosen/TPA dan tindakan indisipliner Dosen/TPA.
7. Berwenang membuat laporan kegiatan dan performansi kepada Wakil Rektor Bidang Sumber Daya.
Hubungan Kerja Internal Dalam Hal
1 . Direktorat Dan Fakultas
1 . Perencanaan, Rekrut, Dan Pelatihan (FSDP).
2 . Persetujuan Pengajuan PAK Dosen.
3 . Terkait Kebijakan.
2 . Senat
1 . Perencanaan, Rekrut, Dan Pelatihan (FSDP).
2 . Persetujuan Pengajuan PAK Dosen.
3 . Terkait Kebijakan.
3 . Yayasan Pendidikan Telkom
1 . Perencanaan, Rekrut, Dan Pelatihan (FSDP).
2 . Persetujuan Pengajuan PAK Dosen.
3 . Terkait Kebijakan.
Eksternal Dalam Hal
1 . LLDIKTI Dan RISTEKDIKTI
1 . Pengajuan PAK Dosen.
2 . Pengembangan Kompetensi.
3 . Terkait Rekruitasi.
2 . Vendor Pelatihan
1 . Pengajuan PAK Dosen.
2 . Pengembangan Kompetensi.
3 . Terkait Rekruitasi.
3 . Kandidat Dosen Dan TPA
1 . Pengajuan PAK Dosen.
2 . Pengembangan Kompetensi.
3 . Terkait Rekruitasi.
Masalah dan Tantangan Kerja 1. Regulasi akreditasi menuntut penambahan SDM dengan kualifikasi tinggi.
2. Tantangan dalam hal rekrut Dosen S3 dengan Jabatan Fungsional Lektor dengan remunerasi yang sesuai.
Indikator Keberhasilan
No Sub-Sub Kompetensi Proficiency Level (PL) Key Indicator
1Workforce Planning5Mampu mengevaluasi dan mengembangkan sistem Workforce Planning yang terkait dengan workforce plan/model staffing berkolaborasi dengan HC Business Partners untuk memberikan pembinaan mengenai rencana dan strategi workforce dan memberikan masukan ke perusahaan.
2Recruitment & Selection6Mampu menciptakan dan menyelaraskan sistem Recruitment & Selection dalam kaitannya dengan pemilihan sourcing channels yang tepat untuk menarik kandidiat karyawan dan penggunaan peralatan dan teknik sourcing dan wawancara untuk memilih dan membuat penawaran yang tepat untuk calon karyawan dalam waktu yang ditetapkan.
3Hring & Onboarding6Mampu menciptakan dan menyelaraskan sistem Hiring & Onboarding sejalan dengan arah strategi perusahaan ke depan, yaitu proses perekrutan, persiapan kontrak kerja, komunikasi, dan onboarding bagi karyawan baru serta mampu bekerja dengan stakeholder HC dan bisnis terkait untuk memastikan bahwa karyawan baru memiliki pengalaman onboarding yang maksimal dalam rangka meningkatkan value perusahaan.
4Compensation Management6Mampu menciptakan dan menyelaraskan sistem Compensation Management, termasuk melakukan dan menganalisa studi dan survei best practice dan pasar untuk mengevaluasi daya saing gaji pokok, insentif dan program jangka pendek dan panjang, dan mengidentifikasi tren dan membuat rekomendasi untuk perubahan sehingga mampu untuk mengkompensasikan karyawan secara kompetitif.
5Benefits Management6Mampu menciptakan dan menyelaraskan sistem Benefits Management, termasuk kemampuan mengidentifikasi, mengkaji, dan menyesuaikan komponen benefits tambahan (misalnya asuransi, health plans dan akomodasi), mengelola eligibility, pendaftaran dan proses pembayaran karyawan dalam benefits plans dalam rangka meningkatkan value perusahaan.
6Payroll Administration6Mampu menciptakan dan menyelaraskan payroll administrasi baru termasuk payroll accounting, payroll reports dan time transactional activities, serta perhitungan adhoc payroll untuk mendukung queries kepemimpinan serta kemampuan mengoprasikan, mengelola, dan berhubungan dengan vendor payroll seperlunya.
7Career Development6Mampu menciptakan dan menyelaraskan sistem Career Development, termasuk berkaitan dengan kebijakan, program, dan strategi career development untuk memberikan arahan ke unit bisnis dan individu mengenai keterampilan yang diperlkan pada setiap level di organisasi.
8Succession Management6Mampu menciptakan dan menyelaraskan sistem perancangan dan pemberian konsep, alat, metodologi, proses dan prosedur seccession management untuk memungkinkan memiliki succession pipeline yang lancar.
9Competency Management6Mampu menciptakan dan menyelaraskan Competency Management, termasuk perencanaan, pengembangan, serta evaluasi pengukuran individu dengan memanfaatkan alat dan metodologi yang sesuai dalam rangka meningkatkan value perusahaan.
10Learning Assessment & Evaluation6Mampu menciptakan dan menyelaraskan sistem Learning Assessment & Evaluation, termasuk dalam pengetahuan dan penerapan literatur terkini mengenai pembelajaran dan pengembangan karyawan untuk penilaian dan evaluasi learning design dan delivery untuk mengoptimalkan kontribusi inisiatif learning and development untuk mendorong kinerja perusahaan.
11Organization Design5Mampu mengevaluasi dan mengembangkan sistem Organization Design, yaitu terkait perancangan dan pembuatan struktur organisasi, posisi/pekerjaan termasuk mengembangkan Job Description untuk mendorong perusahaan untuk mencapai tujuan strategis, dengan mengkonsiderasikan strategi, operating model, aketipe organisasi (fungsional/geografis), fungsi, span of control, proses, pengukuran, staffing dan hiring, dan penugasan kepemimpinan yang dibutuhkan untuk implementasi dan manajemen struktur.
12Culture Management6Mampu menciptakan dan menyelaraskan sistem Cultural Management, terkait perancangan, implementasi, dan pengukuran program culture dalam merealisasikan employee engagement terhadap core values serta pencapaian tujuan strategis perusahaan.
13Performance Management6Mampu menciptakan dan menyelaraskan sistem Performane Management, yaitu pengelolaan dan peningkatan proses penilaian kinerja karyawan secara keseluruhan untuk membangun organisasi berkinerja tinggi, dan memberikan bmbingan kepada supervisor pada pengelolaan konsekuensi yang terkait dengan kinerja karyawan.
14Employee Mediation6Mampu menciptakan dan menyelaraskan sistem Employee Mediation, yaitu orientasi hubungan untuk mencapai penyelesaian untuk isu kekaryawanan dengan menggunakan proses dan teknik mediasi dan resolusi konflik serta mahir dalam melaksanakan bargaining strategies selama proses negosiasi dengan serikat pekerja, pimpinan perusahaan, supervisor dan karyawan sesuai dengan undang-undang ketenagakerjaan dan tenaga kerja.
15HC Information System Management6Mampu menciptakan dan menyelaraskan HC Information System atau HCIS baru untuk menjaga kelancaran platform dan mampu mengahsilkan laporan, mendukung users, serta membuat rekomendasi dan rencana untuk mengoptimalkan HCIS.
STRUKTUR ORGANISASI